Connect with us

Info Regional

PT MBSS Buat Transplantasi Terumbu Karang Di Pulau Bokori Demi Pulihkan Ekosistem Laut

Published

on

Transplantasi terumbu karang [bingar]
Transplantasi terumbu karang [bingar]

Kendari, Bindo.id – PT Mitrabahtera Segera Sejati (MBSS) Tbk, memiliki komitmen untuk menjaga serta memulihkan ekosistem yang ada di laut.

Perusahaan ini bergerak dalam bidang pelayaran dan fokus di Jasa pengangkutan laut serta transhipment.

Gerakan pelestarian ekosistem laut ini dilaksanakan oleh PT MBSS bersama dengan perusahaan Kemala Shipping, serta Galley Adhika Arwama. Perusahaan-perusahaan tersebut masih berada di satu naungan yakni perusahaan Daidan Grup.

Wujud bukti komitmen tersebut di wujudkan lewat inisiasi dengan melakukan transplantasi Terumbu karang yang ada di Pulau Bokori, kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis, (7/12/2023).

Kegiatan transplantasi Terumbu Karang ini menggandeng OK Dive, BPSPL Makassar Satker Sultra.

Dalam kegiatan ini juga turut melibatkan pihak fakultas Perikanan Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) serta Universitas Haluoleo (UHO) hingga Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sultra.

CSR Asisten Manajer PT MBSS, Tito Prasetya menuturkan kegiatan ini sebagai bagian dari pengaplikasian aturan serta rangkaian keikutsertaan perusahaan untum melakukan pelestarian kehidupan yang ada dibawah laut.

Pihaknya berharap CSR nya saat ini bisa berkelanjutan, karena kita sudah masuk di tahun kedua untuk mengadakan transplantasi terumbu Karang yang ada di pulau Bokori

Pelestarian kehidupan bawah laut juga sebagai bagian dari Visi Misi Daidan Grup. Di kegiatan ini, sebanyak 200 terumbu karang ditanam dengan memakai media transplantasi karang yakni berupa rak spider sebanyak 200 buah serta empat Vertical Artificial Reef (VAR) yang dipakai khusus untuk pembibitan.

Tito Prasetya menerangkan pihaknya mempunya visi yang sama dengan pemerintah lewar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Daidan Grup maupun PT MBSS mempunyai visi untuk melakukan pelestarian kehidupan biota laut.

“Kurang lebih sama, kemarin juga kami ada penanaman mangrove di Kolaka dan pelatihan sampai pada hari ini transplantasi terumbu karang,” tuturnya.

Baca Juga  KKP Buka Peluang Investasi di Kawasan Teluk Cenderawasih

Dirinya juga memiliki harapan bahwa kolaborasi ini akan terus berlanjutan, serta kegiatan transpalansi terumbu karang bisa membantu rencana pemerintah untuk menjadikan pulau Bokori menjadi salah satu destinasi selam maupun jadi wadah penelitian untuk para mahasiswa yang ada di Sulawesi Tenggara terutama di Kendari.

“Mudah-mudahan bisa terus berlanjut kerjasama dan kolaborasinya, dan sesuai dengan yang divisikan Bokori stock center dapat menjadi saran edukasi buat penerus khususnya generasi muda di Kendari dan dimanapun,” tandasnya.

Mewakili Kadis Kelautan dan Perikanan Sultra, Pengelolaan Sistem Laut Pesisir, Laode Musni menuturkan pemerintah provinsi sangat memberikan support kegiatan Transplantasi Terumbu Karang.

Dia menyebutkan lewat kegiatan ini akan memberikan dampak terjaganya ekosistem laut, demi keberlangsungan hidup biota-biota lain yang ada dilaut.

“Dari masing-masing kita memiliki peranannya, banyak manfaat yang diterima bagi biota lain sebagai tempat bermain,” ucapnya.

Masyarakat juga bisa memanfaatkannya sebagai objek penelitian.

BPSPL Makassar, Jufri menyebutkan pelaksanaan transplantasi terumbu karang sudah dilakukan memasuki tahun kedua. Di tahun ini menurunkan sebanyak 200 media model spider. Tak hanya penanaman saja, berikutnya akan ada monitoring serta pergantian pregmen karang yang sudah mati.

Lokasi penanaman tersebut berada di kawasan koral stock center pulau Bokori. Kawasan ini sudah dibentuk mulai tahun 2021. Lokasi ini dibentuk oleh Balai pengelolaan laut dan pesisir makassar dan memperoleh izin pemanfaatan ruang laut seluas 2,8 hektare.

Koral stoc center juga digunakan sebagai penyedia bibit. Sehingga kegiatan rehabilitasi yang berlokasi di Sulawesi Tenggara, suplaynya berasal dari koral stoc center.

Hal ini supaya pengambilannya tak lagi melalui alam, selain itu juga dapat menjadi lokasi penelitian karang. Tempat ini juga bisa digunakan sebagai tempat wisata bawah laut.

Baca Juga  Ekonomi Biru Perkuat Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan

OK dive, Mohammad Rais menuturkan yang dilakukan pada hari Kamis (7/12/2023) yakni penurunan media transplantasi karang yang berupa rak spider maupun Vertical Artificial Reef (VAR) terutama pembibitan.

Usai penurunan tersebut, tim merapikan lokasi penempatannya serta media yang bertuliskan PT MBSS menjadi monumen dari Founding CSAR.

“Kemudian tadi juga setelah diturunkan kemudian dirapikan ada juga media yang yang bertuliskan PT. MBSS sebagai kenang-kenangan dari Founding CSAR,” tandasnya.

Di kegiatan ini, pihak PT MBSS juga memberikan cendramata untuk pihak Pemerintah Desa Bajo, Ok Dive, Dinas Kelautan dan perikanan Sultra, dan juga BPSPL Satker Sultra yang merupakan mitra kolaborasi kegiatan Transplantasi Terumbu Karang di wilayah Pulau Bokori Kabupaten Konawe.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion