Connect with us

Seni dan Budaya

Grebeg Sudiro Di Solo Kini Jadi Event Nasional Dulunya Tradisi Kelurahan

Published

on

Grebeg Sudiro di Solo, dulunya tradisi kelurahan kini jadi event nasional [ uny]

Solo, Bindo.id – Kota Solo, Jawa Tengah, memiliki satu event tahunan untuk menyambut Imlek.

Event yang digelar di kota solo ini yaitu Grebeg Sudiro. Event ini sering diselenggarakan di kawasan Pasar Gede. Pada event ini disuguhkan festival lampion, pameran UMKM, serta perahu wisata.

Di tahun 2024 ini, lampion yanh ada di kawasan Pasar Gede akan tetap menyala hingga akhir sekitar tanggal 20-an Februari.

Pameran UMKM serta perahu wisata digelar hingga Sabtu (10/2/2024) sebab akan ada penyelenggaraan Pemilu beberapa hari setelahnya.

Sebelum masyarakat luas mengenal tradisi ini dan menjadi event nasional seperti sekarang, Grebeg Sudiro ternyata dulunya sebagai tradisi Kelurahan.

Tradisi Grebeg Sudiro

Pada saay rilis dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sabtu (10/2/2024), Grebeg Sudiro sebagai tradisi Kelurahan Sudiroprajan untuk menyambut Imlek.

Kelurahan Sudiroprajan yang berlokasi di Kecamatan Jebres ini memang ditinggali oleh masyarakat campuran keturunan Tionghoa maupun Jawa.

Oleh sebab itu, tradisi Grebeg Sudiro menampilkan acara sebagai wujud akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa.

Hal ini dapat dilihat dari karnaval budaya yang menyajikan kesenian Jawa, misalkan reog, berpadu dengan kesenian khas China yakni barongsai.

Grebeg Sudiro juga masuk pada Karisma Event Nusantara (KEN) dari Kemenparekraf.

Bahkan, ini merupakan KEN pertama di tahun 2024

“Ini merupakan simbol dan wujud aktualisasi, akulturasi, pembauran, dan harmoni dalam kebhinekaan di kawasan heritage Pasar Gede dan Kampung Pecinan yang menjadi bagian Kelurahan Sudiroprajan.” ujae Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Dirinya saat ini sedang mencari event serupa yang dapat naik kelas dari tradisi kelurahan atau kampung, jadi event nasional.

“Saya berharap ini (Grebeg Sudiro) bisa menjadi event internasional,” tutur Sandiaga

Baca Juga  Kemenparekraf: Pesona Belitung Beach Festival Bisa jadi Pemicu Penerbangan Internasional ke Belitung

Sandiaga menyebutkan hal in i juga merupakan gerakan masyarakat yang memberikan inspirasi kita untuk bangkit

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion