Connect with us

Seni dan Budaya

Pertunjukan Rakyat 2023 Spektakuler, Bertabur Kesenian dan Budaya Lokal

Published

on

Source : Pemko Blitar

Kota Blitar – Pertunjukan Rakyat 2023 sukses digelar dengan spektakuler oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Blitar, Sabtu (07/10/2023).

Acara yang berlangsung di halaman Monumen Peta ini sekaligus menjadi puncak dari rangkaian Lomba Blitar 5.0 Competition yang telah berlangsung sejak tanggal 10 September 2023.

Walikota Blitar, Drs. H. Santoso M.Pd mengapresiasi atas diselenggarakannya rangkaian lomba Blitar 5.0 Competition dan Pertunjukan Rakyat 2023.

Walikota Santoso berharap melalui kegiatan – kegiatan yang dikemas secara menarik ini, dapat meningkatkan partisipasi masyaraat utamanya generasi muda untuk melek terhadap isu yang saat ini sedang berkembang.

“Pertura merupakan implementasi dari warisan Tri Sakti Bung Karno, berkepribadian dalam bidang kebudayaan. Sesuai dengan idenititas Kota Blitar, sebagai Bumi Bung Karno, selain memajukan bidang teknologi, Kota Blitar juga turut melestarikan dan mengenalkan budaya lokal kepada masyarakat” jelas Walikota Santoso

Pertunjukan Rakyat tahun ini berbeda dengan sebelumnya, menampilkan beragam seni dan budaya lokal di Kota Blitar, mulai dari Jaranan Pakoja, Sendratari Ramayana, Campursari Jiwobudoyo, Titik Sanova dan Irene Ghea, sukses menghibur masyarakat Kota Blitar.

Tidak hanya memberikan ruang gerak pada seniman, tapi juga memberikan pesan-pesan dan informasi berkaitan dengan isu nasional seperti Pemilu 2024, Pencegahan Stunting, Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi Aman, dan Transformasi Digital.

Mujianto, S.Sos., M.Si, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Blitar, menambahkan bahwa, rangkaian Blitar 5.0 Competition dan Pertunjukan Rakyat ini merupakan contoh konsep sederhana bagaimana kita mempersiapkan kemajuan teknologi dengan tetap melestarikan kesenian dan budaya traditional di Kota Blitar.

“Kita harus menyiapkan untuk memasuki era smart society 5.0, dimana kita harus memiliki andil sebagai pegendali perkembangan teknologi. Memanfaatkan teknologi untuk melestarikan budaya lokal, memahami isu-isu yang berkembang, dan menjadi solusi atas masalah yang ada” terang Kadis Mujianto.

Baca Juga  Outing Class TK Dharma Wanita Desa Besuki, Saranan Pendidikan Luar Kelas Untuk Perkenalkan Kepolisian Pada Anak

Pada malam Pertura juga turut diberikan penghargaan kepada Pegiat Media Sosial atas kontribusinya mendiseminasikan informasi dan para pemenang Blitar 5.0 Competition.

Juara karya jurnalistik, Abdul Aziz W, Juara Poster Digital, Nida Ulhaq, Juara Videography, M. Naufal Abbad, Juara Website KIM, KIM Asabri Gedog, Juara Debat AKN Putra Sang Fajar, Juara Cerdas Tangkas Digital SMP /MTs/sederajat, SMPN 2 Kota Blitar, Juara Cerdas Tangkas Digital SMA/SMK/sederajat, SMAN 3 Blitar.

Hadir dalam acara, Forkopimda Kota Blitar, Komandan Batalyon 511, Komandan Kodim 0808 dan Wakapolres Blitar Kota.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion