Connect with us

Destinasi

Wisata Edukasi Konservasi Penyu Di Pantai Kembar Terpadu Kebumen Tak Ada Tarif Biaya Masuk

Published

on

Penangkaran penyu di Kebumen [suara]

Kebumen, Bindo.id – Kabupaten Kebumen mempunyai beragam lokasi wisata pantai yang dapat menjadi salah satu referensi saar mengisi libur akhir pekan ataupun sekadar mengisi waktu luang.

Salah satunya yakni di Pantai Kembar Terpadu. Selain memberikan penawaran keindahan alam, pengunjung juga dapat belajar soal Konservasi Penyu. Lokasi pantai ini berada di Desa Tambakmulyo Kecamatan Puring Kebumen Jawa Tengah.

Ketua Konservasi Penyu Pantai Kembar Terpadu Muji Arisno (45) menyebutkan wisatawan akan dibuat kagum dengan adanya berbagai jenis penyu yang ditangkarkan yang digunakan sebagai sarana penelitian maupun edukasi.

Banyak wisatawan yang bertanya seperti apa proses penyelamatan penyu, usai menetas, serta dilepasliarkan ke alam.

“Di Pantai Kembar merupakan konservasi penyu berbasis ekonomi masyarakat, kita ingin menyejahterakan masyarakat dengan adanya konservasi,” ujar Muji, Senin (6/5/2024).

Melalui tempat konservasi ini, pihaknya ingin memberikan edukasi kepada semua masyarakat, terutama di Kebumen supaya banyak orang yang semakin tahu tentang penyu yang dilindungi.

“Karena pentingnya fungsi penyu untuk melindungi alam, maka kita lakukan konservasi. Maka di Pantai Kembar ini kan tidak ada tiket masuk, tidak ada parkir. Adanya jasa penataan kendaraan seikhlasnya,” ujar Muji.

Penyu yang ada di Pantai Kembar Terpadu

Di lokasi konservasi ini, terdapat 3 jenis penyu yang ditangkarkan yaitu penyu sisik, penyu hijau serta penyu lekang.

Pengunjung dapat melihat secara langsung lokasi penetasan penyu. Selain itu, juga dapat melihat penyu penyu yang baru menetas atau dikenal dengan tukik.

Agar dapat menarik semakin banyak pengunjung untuk mau belajar soal kelestarian lingkungan terlebih tentang penyu, pengelola tak memberikan biaya masuk ataupun tarif.

Wisatawan yang datang berkunjung hanya perlu membayar seikhlasnya. Uang tersebut akan dipakai untuk membantu biaya operasional konservasi penyu.

Baca Juga  KKP Proses Hukum Perdagangan Penyu Hijau di Benoa Bali: Perdagangan Ilegal untuk Konsumsi Masih Tinggi

Tujuan tak dikenakan tarif masuk supaya semakin banyak yang berkunjung serta teredukasi.

Hingga pada akhirnya warga Kebumen semua paham soal pentingnya alam, terlebih pada penyu terhadap kelestarian lingkungan.

Gino yang merupakan salah satu pengunjung sudah mengaku senang dengan adanya konservasi penyu di Pantai Kembar ini.

Dirinya berpendapat selain bisa jadi sarana edukasi, Pantai Kembar juga bisa jadi lokasi wisata yang bagus di Kebumen.

“Sangat bagus karena dapat mengedukasi dari para pengunjung yang kedua bisa pemberdayaan alam yang mana pada akhir akhir ini saya rasa jarang sekali untuk pemberdayaan alam sekitar, tadi kesini sama cucu dan sama istri,” ujarnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *