Connect with us

Kuliner

Bantu Hidrasi Dan Dorong Energi Saat Berpuasa Dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Published

on

Ilustrasi makan sahur saat Ramadhan [kilat]

Jakarta, Bindo.id – Asupan makanan ketika sahur sangat penting untuk menjaga energi tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Perlu mengonsumsi makanan yang dapat menghidrasi tubuh menjadi salah satu cara agar energi tetap terjaga saat berpuasa.

Di bulan Ramadhan, umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa. Mereka harus menahan nafsu makan, minum, maupun hal lainnya yang membatalkan puasa mulai fajar sampai terbenamnya matahari.

Seban selama berpuasa tubuh tak diberikan asupan makan maupun minum selama beberapa jam. Oleh sebab itu, penting untuk memilih makanan yang masuk ketika sahur.

Kandungan nutrisi esensial yang terdapat pada makan perlu dikonsumsi. Sebab, nutrisi ini dapat memberikan stamina tambahan sekaligus juga menghidrasi tubuh sepanjang hari.

Berikut ini 5 makanan bernutrisi yang direkomendasika untuk dikonsumsi saat sahur:

1. Telur

Telur memiliki kandungan banyak protein, mineral, serta vitamin. Konsumsi telur ketika sahur dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Sebab, kandungan protein maupun lemak yang dapat membuat seseorang tak cepat lapar.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengonsumsi telur.

Telur dapat diolah dengan berbagai macam sayuran maupun dijadikan omelet.

Omelet dapat ditambah dengan bayam, jamur, maupu  tomat supaya lebih bernutrisi.

Selain diolah jadi omelet, telur rebus juga dapat jadi pilihan untuk sahur.

2. Ikan atau ayam

Protein lainnya yang dapat dikonsumsi saat sahur yakni ikan atau ayam.

Ikan dipercaya dapat meningkatkan vitalitas tubuh. Akan tetapi, jangan mengolah ikan dengan cara menggoreng.

Sebab, mengonsumsi Ikan goreng akan menyebankan perut kembung. Selain itu, makanan yang digoreng akan menyebabkan tenggorokan semakin serat dan haus.

Jenis ikan yang dapat dikonsumsi diantaranya sarden, tuna, maupun salmon. Ikan juga dapat diolah dengan cara memanggangnya.

Baca Juga  Sambut Ramadhan Polda Metro Jaya dan Pemda DKI Gelar Pasar Murah

Ayam juga dapat dikonsumsi ketika sahur. Ayam mempunyai nutrisi yang dapat memberi energi sepanjang hari. Supaya nutrisi yang diperoleh optimal, ayam dapat dikonsumsi bersama dengan sayuran.

3. Buah dan sayuran

Buah serta sayuran juga menjadi makanan yang dapat dikonsumi ketika sahur. Kedua makanan ini kaya vitamin serta mineral yang dapat menambah energi untuk tubuh.

Kandungan aur pada buah dan sayuran juga tak kalah menghidrasi seperti air putih.

Buah dan sayuran yang mengandung banyak air dapat jadi pilihan untuk dikonsumsi saat sahur. Buah dan sayur yang dapat dikonsumsi diantaranya semangka, tomat, jeruk, mentimun, maupun bayam.

Selain buah-buahan ini, pisang juga bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi. Sebab, pisang kaya akan mineral, magnesium, serta pottasium yang bisa membuat perut kenyang lebih lama.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga bagus untuk dikonsumsi ketika sahur. Sebab dengan kuantitas yang sedikit, kacang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Kacang-kacangan memiliki kandungan karbohidrat kompleks serta protein yang sifatnya mengenyangkan. Sehingga makanan ini cocok untuk dikonsumsi ketika sahur. Kandungan serat yang cukup tinggi yang terdapat di kacang kacangan juga penting untuk dapat memperbaiki jaringan tubuh.

Jenis kacang-kacangan yang dapat dijadikan pilihan diantaranya almond maupun edamame.

5. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang dapat memberi energi tambahan di tubuh. Oatmeal juga memiliki kandungan serat tinggi, vitamin, folat, serta vitamin.

Kandungan serat di oatmeal bisa meningkatkan bakteri baik yang ada di saluran pencernaan. Mengonsumsi oatmeal juga dapat menurunkan risiko sembelit atau susah buang air.

Mengonsumsi oatmeal ketika sahur juga memberi manfaat dapat menurunkan kadar gula darah. Oatmeal dapat meningkatkan respon insulin yang memungkinkan agar kadar gula darah dapat turun.

Baca Juga  Jual Takjil Kekinian, Pedagang Di Klender Ingin Menarik Minat Pelanggan Anak Muda

Oatmeal dapat dikonsumsi begitu saja atau dimakan bersama dengan aneka buah-buahan. Aneka buah yang dapat dimakan bersama oatmeal diantaranya strawberry, blueberry, maupun pisang. Oatmeal juga dapat ditambah dengan madu, biji chia, maupun kacang almond.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion