Connect with us

Politik

Anies-Cak Imin Dan Ganjar-Mahfud Ucapkan Selamat Untuk Prabowo

Published

on

Capres di Pemilu 2024 [grid]

Jakarta, Bindo.id – Mahkamah Konstitusi (MK) telah menetapkan untuk menolak gugatan dari paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, serta gugatan dari paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, terkait dengan sengketa Pilpres 2024.

Keputusan MK telah diterima keduanya serta kompak untuk menyampaikan ucapkan selamat kepada paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang menang di Pilpres 2024.

Ganjar-Mahfud Md

1. Ganjar Pranowo

Dilansir dari detikcom, Selasa (23/4/2024), Ganjar Pranowo beserta Mahfud Md telah lebih dulu menyampaikan ucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran. Keduanya telah menyampaikan ucapan selamat di gedung MK setelah mereka mengikuti hasil keputusan MK.

“Saya dan Pak Mahfud tinggal hari ini saja, akhir dari sebuah perjalanan, maka apapun keputusannya kami sepakati untuk menerima, kami terima, dan tentu kami ucapkan selamat bekerja untuk pemenang dan mudah-mudahan PR-PR bangsa ke depan bisa segera diselesaikan,” ujar Ganjar di gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2024).

Ganjar menyebutkan proses di MK sudah berjalan dengan sesuai. Ganjar juga menyampaikan terima kasih atas dukungan para relawan maupun masyarakat yang telah memberikan dukungan kepada dirinya.

Ganjar juga memberikan apresiasi kepada MK. Terutama adanya dissenting opinion pada putusan MK.

“Hakim Majelis saya apresiasi, yang pertama menerima proses ini dari awal, kemudian menyidangkan, sampai kemudian tadi diputuskan dan ada dissenting-nya,” ujarnya.

2. Mahfud Md

Di kesempatan yang sama, Mahfud Md juga menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo-Gibran. Dirinya juga telah menerima kekalahan di Pilpres 2024.

“Kami menerima, demi keadaban hukum. Karena keadaban hukum itu ketika membuat hukum harus benar ketika menegakkan hukum harus benar ketika menerima putusan juga harus sportif,” tuturnya.

Baca Juga  Anas Urbaningrum Saat Ini Resmi Menjadi Ketua Umum PKN Secara Aklamasi

“Sehingga perselisihan itu ya, sudah selesai, harus diakhiri,” imbuhnya

Mahfud juga telah mengaku puas dengan putusan MK ini. Dirinya berpendapat baru kali ini ada dissenting opinion pada putusan sengketa Pilpres.

“Puas, kan saya sebelum ke MK, saya sudah bilang sidang di MK ini adalah teater hukum dunia. Ini disaksikan oleh seluruh dunia, dan harus diingat putusan sengketa pilpres, dalam sepanjang sejarah baru yang hari ini ada dissenting opinion,” ujarnya.

Anies-Cak Imin

1. Anies Baswedan

Anies Baswedan juga menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada Prabowo-Gibran.

Hal tersebut disampaikan Anies melalui video yang diterima, Senin (22/4/2024). Anies menyampaikan hal itu setelah gugatan sengketa Pilpres 2024 ditolak oleh Mahkamah Konstitusi.

“Hari ini kami menyatakan bagi kami proses Pilpres 2024 telah terlewati seluruh fasenya, kami sampaikan kepada Pak Prabowo dan Pak Gibran, selamat menjalankan amanat konstitusi, selamat bekerja menunaikan harapan rakyat yang kini diembankan di atas pundak bapak-bapak berdua,” tutur Anies.

Anies juga menyampaikan pandangannya tentang sosok Prabowo. Dirinya berpendapat hingga saat ini meyakini Prabowo merupakan seorang patriot.

“Saya sempat berkali-kali ditanya pendapat pribadi tentang Pak Prabowo, dan saya jawab beliau adalah seorang patriot. Hari ini saya terus mempercayai sebagai seorang patriot,” ujar Anies.

“Beliau seorang yang telah mengalami pendidikan modern sejak usia belia dan berasal dari keluarga intelektual yang amat terpandang. Maka Pak Prabowo tentu paham bahwa dalam demokrasi yang baik menerima kebedaraan oposisi sebagai partner dalam bernegara,” ucapnya.

2. Cak Imin

Cak Imin juga menanggapi keputusan MK. Dirinya mengakui kekalahannya serta menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo-Gibran.

“Tentu dengan keputusan MK ini reaksi kami mengakui dalam pilpres ini, kami telah kalah,” ujar Cak Imin saat konferensi pers di DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin malam (22/4/2024).

Baca Juga  Debat Capres-Cawapres Akan Berlangsung Malam Ini, PLN Berikan Pasokan Listrik dari 5 Sumber

Cak Imin menuturkan soal keputusan MK yang final serta mengikat sehingga pihaknya menyampaikan selamat ke Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Dirinya berharap kemenangan tersebut dapat membawa Indonesia agar lebih adil dan makmur.

“Dengan kenyataan ini maka kami ucapkan selamat kepada pasangan nomor dua, atas keberhasilannya memenangkan pilpres tahun 2024 semoga kepercayaan, kemenangan yang diberikan kepada pasangan nomor dua ini bisa membawa Indonesia lebih baik maju, adil, makmur untuk semua,” ujarnya.

Dirinya berharap Prabowo bisa merawat demokrasi di Indonesia. Kata Cak Imin, pihaknya bersyukur PKB bisa menjadi bagian di kontestasi Pilpres 2024.

“Kita berharap Pak Prabowo dengan kepemimpinannya, mampu merawat demokrasi, mewujudkan Indonesia yang adil, Indonesia yang makmur, Indonesia yang damai dan sejahtera. Kami juga PKB sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari proses pemilu dengan baik,” ujarnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion