Connect with us

Sports

Takluk Oleh China, Indonesia Runner-Up di Uber Cup 2024

Published

on

Tim Uber INA runner Up - foto PBSI-99860cce

Olahraga, Bindo.id – Tim Uber Indonesia membawa pulang medali perak usai dikalahkan China pada babak final Uber Cup 2024 yang berlangsung di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Chengdu, China, Minggu (5/5/2024).

China yang unggul 3-0 atas Indonesia sukses memboyong gelar dan Piala Uber untuk ke-16 kalinya. Tim Uber China yang menurunkan pemain-pemain terbaiknya memang tampil dominan sejak awal pertandingan.

Jalannya Pertandingan Final Uber Cup 2024 Indonesia vs China

Di pertandingan pertama turnamen beregu ini, tim Uber Indonesia kembali menurunkan Gregoria Mariska Tunjung untuk menghadapi pemain unggulan China, Chen Yu Fei.

Bermain ragu-ragu di gim pertama membuat Gregoria tidak dapat menampilkan performa terbaiknya. Perolehan poinnya jauh tertinggal 7-21.

Bangkit di gim kedua, Gregoria yang mencoba keluar dari tekanan sebenarnya mampu mendulang poin yang lebih baik dibandingkan gim pertama.

Namun, usahanya belum cukup membendung pergerakan Chen yang bermain lebih lepas di hadapan para pendukungnya.

Skor akhir 7-21 dan 16-21 membuat Gregoria harus mengakui keunggulan Chen.

“Saya mau minta maaf kepada semua tim karena saya tidak menunjukkan permainan yang bagus hari ini,” ujar Gregoria dalam keterangan resmi via PBSI.

Selanjutnya, di pertandingan kedua mempertemukan pasangan ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto dengan Chen Qing Cheng/Jia Yi Fan.

Fadia yang diduetkan kembali dengan pasangan lawasnya, Ribka, harus susah payah menghadapi pasangan ganda nomor 1 dunia ini.

Keduanya tidak mampu keluar dari tekanan hingga skor akhir 11-21 dan 8-21 untuk kemenangan Chen/Jia.

Skor sementara 2-0 untuk keunggulan tim Uber China kembali menjadi beban berat bagi Ester Tri Nurumi Tri Wardoyo yang turun di pertandingan ketiga.

Pemain tunggal putri muda Indonesia ini harus menghadapi He Bing Jiao yang secara statistik di atas kertas lebih diunggulkan.

Baca Juga  Takluk dari Jepang, Indonesia Jadi Runner Up Grup dan Bersiap Hadapi Thailand di Perempat Final Uber Cup 2024

Ternyata secara mengejutkan Ester bermain apik di gim pertama. Ia mampu mendominasi permainan dan merebut gim pertama.

Di gim kedua, He Bing Jiao balik menekan dan memaksa terjadinya rubber game.

Sementara itu, di gim ketiga, Ester sebenarnya cukup mampu mengimbangi permainan He. Namun, Ester bermain kurang tenang jelang poin-poin akhir.

Bermain cukup alot selama 1 jam 9 menit, He Bing Jiao akhirnya merebut gim ketiga dengan skor akhir 10-21, 21-15, dan 21-17.

Kemenangannya sekaligus memastikan tim China naik ke podium tertinggi dan memboyong Piala Uber.

“Tim sudah tertinggal 0-2 dan saya merasa tegang saat masuk lapangan. Tapi, berbarengan dengan tegang, saya merasa excited ingin membuktikan kalau kita masih bisa. Saya belajar banyak di turnamen ini. Bagaimana mengatasi situasi di poin-poin kritis, cara bermain dan mental saya juga harus ditingkatkan,” ungkap Ester selepas pertandingan melalui laman PBSI.

Indonesia pun harus puas berada di posisi kedua dengan perolehan medali perak. Hasil ini sebenarnya sudah melampaui target yang dipatok bagi tim Uber Indonesia, yaitu babak semifinal (medali perunggu).

Selamat dan apresiasi tinggi untuk kerja keras seluruh tim Indonesia di ajang Uber Cup 2024!

Berikut hasil lengkap final Uber Cup 2024 Indonesia vs China:

WS1 – Gregoria Mariska Tunjung vs Chen Yu Fei (7-21, 16-21)

WD1 – Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (11-21, 8-21)

WS2 – Ester Nurumi Tri Wardoyo vs He Bing Jiao (21-10, 15-21, 16-21)

WD2 – Lanny Tria Mayasari/Rachel Allessya Rose vs Liu Sheng Su/Zhang Su Xian (tidak dimainkan)

WS3 – Komang Ayu Cahya Dewi vs Han Yue (tidak dimainkan)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Menyala! Tim Uber Indonesia Tembus Final Uber Cup 2024 Usai Kalahkan Juara Bertahan Korea Selatan