Connect with us

Sports

Hasil Final Thomas Cup 2024: Indonesia Runner-Up, China Juara dan Sukses Kawinkan Gelar

Published

on

Tim thomas indonesia runner up foto pbsi-4ee934a4

Olahraga, Bindo.id – Babak final Thomas Cup 2024 antara Indonesia vs China menjadi laga terakhir yang dipertandingkan di Hi -Tech Zone Sports Centre, Gymnasium, Chengdu, China, pada Minggu (5/5/2024).

China keluar menjadi juara usai mengalahkan Indonesia dengan skor 3-1. Satu-satunya kemenangan Indonesia diperoleh Jonatan Christie yang menekuk Li Shi Feng melalui drama rubber game.

Kemenangan ini menambah gelar juara Thomas Cup ke-10 bagi China. Tim negeri tirai bambu ini juga berhasil ‘mengawinkan’ kembali gelar juara Thomas Cup dengan gelar juara Uber Cup untuk kedelapan kalinya.

Seperti diketahui, tim Uber China unggul atas Indonesia 3-0 dalam babak final Uber Cup 2024 yang digelar lebih dulu pada Minggu (5/5/2024) siang, di tempat yang sama.

Jika menilik catatan sejarahnya, China terakhir kali berhasil mengawinkan gelar juara Thomas Cup dan Uber Cup pada 2012 silam.

Jalannya Pertandingan Final Thomas Cup 2024: Indonesia vs China

Laga pembuka final turnamen beregu Thomas Cup 2024 diawali oleh kontra antara Anthony Sinisuka Ginting dan Shi Yu Qi.

Di awal gim pertama terjadi aksi saling kejar mengejar poin. Ginting yang sempat unggul 4-3 disalip oleh Shi Yu Qi yang meraup lima poin beruntun.

Shi Yu Qi meninggalkan jauh perolehan poin Ginting 14-8 selepas interval gim pertama. Ginting sempat memangkas ketertinggalan menjadi 16-18.

Namun, error beruntun yang dilakukan oleh Ginting memberi poin mudah bagi Shi Yu Qi untuk menutup gim pertama dengan 21-17.

Di gim kedua, Ginting tampil anti klimaks. Sebagian besar poin Shi Yu Qi di gim kedua didapatkan melalui kesalahan sendiri yang dilakukan oleh Ginting. Skor akhir 21-6 menutup gim kedua.

Baca Juga  Jadwal dan Line Up Perempat Final Thomas Cup 2024: Indonesia vs Korea

Shi Yu Qi membawa tim China unggul 1-0 atas Indonesia.

Di pertandingan kedua, ganda putra unggulan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bertemu dengan rivalnya Liang Wei Keng/Wang Chang.

Fajar/Rian harus menelan kekalahan dengan rubber game usai dua kali tertikung oleh Liang/Wang yang bermain cepat dan dominan. Skor akhir 21-18, 17-21, dan 21-17 untuk kemenangan pasangan China.

Hasil sementara 2-0 untuk China membuat tekanan yang tinggi bagi pemain yang turun di pertandingan ketiga.

Ada Jonatan Christie dan Li Shi Feng yang sama-sama membawa beban untuk penentu kemenangan timnya.

Bermain 1 jam 17 menit dengan rubber game, Jonatan jatuh bangun meraup poin demi poin.  Skor akhir 21-16, 15-21, dan 21-17 untuk kemenangan Jonatan di partai ‘hidup mati’ ini.

Kemenangan Jonatan setidaknya menambah napas dan asa untuk tim Thomas Indonesia merebut gelar juara.

Di pertandingan keempat, ganda putra Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana turun menghadapi He Ji Ting/Ren Xiang Yu.

Secara head to head, Bagas/Fikri memiliki catatan rekor pertemuan yang lebih unggul. Begitu pula dengan ranking yang lebih tinggi.

Namun, kali ini He/Ren tampil dominan dan tak terbendung. Di gim pertama dan gim kedua Fikri/Bagas kesulitan keluar dari tekanan dan belum mampu menerapkan strategi permainannya.

Mau tak mau, keduanya juga harus menelan kekalahan straight game dengan skor 11-21 dan 15-21.

Hasil ini menutup jalan Indonesia untuk naik ke podium tertinggi Thomas Cup 2024. Indonesia harus puas berada di posisi runner-up dan membawa pulang medali perak.

Selamat dan apresiasi tertinggi untuk perjuangan seluruh tim Thomas Indonesia!

Berikut hasil lengkap final Thomas Cup 2024 China vs Indonesia:

MS1 – Shi Yu Qi vs Anthony Sinisuka Ginting (21-17, 21-6)

Baca Juga  Jonatan Di Final Thomas Cup 2024 Berhasil Jadi Juara

MD1 – Liang Wei Keng/Wang Chang vs Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (21-18, 17-21, 21-17)

MS2 – Li Shi Feng vs Jonatan Christie (16-21, 21-15, 17-21)

MD2 – He Ji Ting/Ren Xiang Yu vs Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (21-11, 21-15)

MS3 – Lu Guang Zu vs Chico Aura Dwi Wardoyo (tidak dimainkan)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *