Connect with us

Bisnis

Peluang Bisnis Yang Menguntungkan Dari Kelapa Kopyor Telah Diungkap Kopyor Bogor

Published

on

Ilustrasi kelapa kopyor [fajar]

Bogor, Bindo.id – Kelapa kopyor merupakan salah satu jenis kelapa yang langka.

Sebetulnya kelapa kopyor merupakan buah kelapa yang mengalami kelainan genetik, sehingga dagingnya lebih empuk serta terlepas dari tempurungnya.

Kecilnya peluang berhasilnya, menyebabkan kelapa kopyor jarang ditemui.

Akan tetapi, di Jalan Jabaru II, Kota Bogor, ada Kopyor Bogor, jenama dari Divisi Kopyor Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Unit Bogor.

Peluang Bisnis Kelapa Kopyor

Tak banyak penghasil kelapa kopyor yang ada di Indonesia sebab memiliki risiko gagal yang tinggi serta kemungkinan sifat kopyornya sangat gambling.

Akan tetapi, PPKS Unit Bogor dapat menghasilkan sebanyak 25.000 butir kelapa kopyor dalam kurun waktu satu bulan.

Sebab PPKS Unit Bogor memakai implementasi teknologi Kultur In Vitro, sehingga bibit kelapa mereka 99% dapat menghasilkan kelapa kopyor.

Dengan menggunakan teknologi tersebut, buah kelapa di Kopyor Bogor telah terjamin sifat kopyornya.

Selain menjual bibit kelapa kopyor, Kopyor Bogor juga melakukan penjualan butir kelapa kopyor, daging kopyor beku, minuman ready to drink, bahkan es krim kopyor.

Asisten Manager Pemasaran Kopyor Bogor, Ciptadi Achmad Yusup menyebutkan saat ini permintaan kelapa kopyor cukup tinggi. Menurutnya, peluang bisnis kelapa kopyor ini juga menjanjikan.

“Dari pengalaman kami, peluang bisnis kelapa kopyor ini sangat menjanjikan. Karena demand (permintaan)-nya tinggi, sementara yang produksi atau yang jual produk kopyor itu masih terbatas,” ujar Ciptadi, Jumat (3/5/2024).

Kelapa kopyor ini hanya berada di Indonesia. Oleh sebab itu, bisnis kelapa kopyor memiliki potensi besar untuk menghasilkan keuntungan.

Produk Olahan Kopyor Lebih Menguntungkan

Mempunyai cita rasa yang unik, aroma maupun tekstur yang khas, serta jarang ditemui, menjadikan kelapa kopyor ini banyak dicari oleh orang.

Baca Juga  Pertemuan Kemenkop UKM Dan KPPU, Meminta Pengusaha Besar Agar Gandeng UMKM

Walaupun harga kelapa kopyor memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelapa pada umumnya.

Bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ingin membuka bisnis kelapa kopyor, tak harus memulainya dengan mempunyai kebun kopyor.

Alternatif lain yang dapat dicoba yakni membeli butir kelapa kopyor atau daging kopyor beku saja untuk dapat diolah lagi menjadi produk lainnya.

Sehingga para pelaku UMKM bisa lebih menghemat budget, jika dibandingkan dengan merintis kebun kopyor sendiri. Tentunya jika memiliki kebun kopyor sendiri akan memerlukan modal yang sangat besar, mulai dari bibit kopyor, luas lahan, perawatan, sampai akhirnya berbuah.

“Kalau untuk UMKM yang ingin bisnis kelapa kopyor, justru peluangnya lebih tinggi jika menjual produk olahan kopyor. Misalnya minuman, kue-kue, atau es krim dan dessert. Dibandingkan bisnis kebun kelapa, karena banyak hal yang harus disiapkan,” tutur Ciptadi.

Kopyor Bogor juga sudah membuktikan, kelapa kopyor dapat diolah menjadi beberapa sajian. Bahkan, semua produk olahan tersebut laris manis diserbu pembeli.

Mulanya mereka tak menjual produk siap konsumsi. Akan tetapi, karena antusias masyarakat sekitar yang tinggi, di tahun 2022 Kopyor Bogor mulai melakukan pemasaran hasil produksi yang ada kebunnya.

Dalam kurun waktu sebulan, Kopyor Bogor dapat menjual sebanyak 300 kilo daging kelapa kopyor beku.

Dalam waktu seminggu, dapat terjual sebanyak 7.000 butir kelapa kopyor.

Sedangkan dalam sehari, mereka dapat menjual sebanyak 200 cup minuman kopyor.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion