Connect with us

Otomotif

Harga Pertamax Naik, Begini Cara Cek Konsumsi BBM Agar Irit Pemakaian, Simak Tips dari LifePal!

Published

on

foto:istimewa/lifepal.co.id

Jakarta, Bindo.id – Harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamax naik menjadi Rp14 ribu per liter mulai 1 Oktober 2023. Harga BBM non subsidi Gasoline RON 92 ini mengalami kenaikan Rp700 dari sebelumnya Rp13.300.

Kenaikan harga tersebut tentu akan berpengaruh pada konsumsi BBM, terutama untuk Anda yang dalam keseharian mengandalkan transportasi pribadi. Sebagai solusinya, mengganti bahan bakar dengan Pertalite yang harganya jauh lebih murah banyak dipilih.

Padahal, memilih bahan bakar beroktan rendah justru akan membuat konsumsi BBM jadi lebih boros. Kondisi itu membuat Anda harus lebih bijak dengan terlebih dahulu mengecek konsumsi BBM agar lebih irit saat memakainya.

Untuk itu, Benny Fajarai, Direktur Lifepal.co.id, marketplace asuransi terpercaya yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memaparkan cara mengecek konsumsi BBM. Informasi lengkapnya, mari simak dalam pemaparan berikut, dalam keterangan tertulis, Selasa (3/10/2023).

Konsumsi BBM Pertamax Vs Pertalite, Ini Perbedaannya

Antara Pertamax dan Pertalite, maka konsumsi BBM yang lebih irit jelas Pertamax. Sebab, Pertamax memiliki jumlah oktan lebih tinggi dari Pertalite yang membuatnya lebih irit.

Jumlah oktan atau RON Pertamax di angka 92, sementara oktan Pertalite yaitu RON 90. Dengan oktan yang lebih tinggi tersebut mempengaruhi harga jual bahan bakar tersebut, sehingga harga Pertamax lebih mahal dibandingkan Pertalite.

Meski lebih mahal, RON Pertamax justru jauh lebih irit dibandingkan oktan Pertalite. Tingkat efisiensi Pertamax yang berada di atas Pertalite membuat efektivitas kinerja mobil jadi lebih hemat.

Dengan begitu, dapat disimpulkan harga takaran Pertamax yang lebih mahal membuat bahan bakar ini lebih irit dibandingkan Pertalite. Dengan memilih bahan bakar yang irit, maka Anda bisa mengalokasikan dana pada kebutuhan lain yang lebih penting seperti asuransi mobil jenis All Risk.

Baca Juga  Tips dari Lifepal, Persiapan Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Agar Aman dan Nyaman

Selain itu, Anda juga bisa lebih hemat konsumsi BBM jika tetap ingin memakai Pertamax tanpa harus beralih dengan bahan bakar lain.

Pertamax Lebih Irit dan Bertenaga

Harga Pertamax memang lebih mahal, tapi bahan bakar ini lebih irit ketika melakukan pembakaran dibandingkan Pertalite. Hal itu terbukti lewat sebuah pengujian, 1 liter Pertalite dapat menempuh jarak 52,60 km.

Sementara itu, 1 liter Pertamax bisa sampai sejauh 54,04 km. Selain lebih irit, bahan bakar Pertamax juga lebih bertenaga dibandingkan bahan bakar yang beroktan di bawahnya.

Manfaat Konsumsi BBM Beroktan Tinggi

Konsumsi BBM beroktan tinggi seperti Pertamax atau Pertamax Plus akan bermanfaat untuk performa mesin mobil. Selain jarak tempuh kendaraan yang semakin jauh dan irit, konsumsi BBM jenisPertamax juga akan membuat mesin lebih awet.

Dengan begitu, performa mesin jadi jauh lebih baik dan bersih, sehingga tidak menimbulkan timbal maupun kerak. Lain halnya jika Anda memakai Pertalite, semacam kerak yang menempel di silinder head akan muncul.

Menggunakan Pertamax juga akan membuat mesin jadi lebih responsif. Sebab, pemakaian Pertamax mampu meningkatkan akselerasi atau kecepatan kendaraan, dan membuat mesin jadi tahan lama karena pembakaran lebih efisien serta bebas karat.

Pertamax juga ramah lingkungan karena kandungan sulfurnya rendah, sehingga lebih sedikit buangan gas emisi dan karbon. Jika memilih bahan bakar Pertamax, maka Anda sudah membantu menjaga lingkungan.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion