Connect with us

Otomotif

Siap-Siap Mudik, Pastikan Kondisi Mobil Prima

Published

on

foto:istimewa/lifepal

Jakarta (Bindo.id) – Mendekati Hari Raya Idul Fitri tahun ini, mudik menjadi salah satu hal yang sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari. Terutama, jika Anda mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Selain perjalanan jauh, lalu lintas yang padat perlu diantisipasi dengan kondisi kendaraan yang prima. Terutama, jika Anda harus melalui perjalanan yang cukup lama dan melewati rute yang padat atau kondisi jalan yang buruk.

Tak hanya itu saja, kondisi cuaca saat ini yang sedang tak menentu turut menjadi faktor risiko lainnya yang penting diperhatikan. Karena itu, memastikan kondisi kendaraan prima menjadi kunci utama agar perjalanan yang aman dan nyaman.

Untuk itu, ada beberapa komponen yang harus diperiksa sebelum berangkat agar perjalanan mudik lancar, aman dan nyaman. Buat jelasnya, berikut ini adalah pemaparan Co-Founder Lifepal Benny Fajarai, dalam keterangan tertulis, Rabu (20/3/2024).

Cek Kondisi Ban Mobil

Salah satu hal penting yang pertama kali pengemudi lakukan sebelum memulai perjalanan mudik adalah, mengecek kondisi ban mobil. Sebab, ban menjadi elemen vital yang berinteraksi langsung dengan permukaan jalan.

Karena itu, pastikan Anda telah mengecek kondisi ban mobil tidak aus berlebihan, tidak ada sobekan atau tonjolan pada dinding ban, dan menjaga tekanan udara dalam ban mobil tetap optimal.

Periksa Oli Mobil

Hal kedua yang tak kalah penting dilakukan adalah memeriksa keadaan oli mobil. Mulai dari pengecekan kondisi oli mesin, oli transmisi, hingga oli gardan.

Hal ini penting dilakukan karena oli merupakan zat cair yang menjadi pelumas di antara komponen-komponen dalam mesin yang bergerak dan sistem penggerak lainnya.

Cek Suspensi Kendaraan

Komponen penting lainnya yang wajib dicek sebelum mudik adalah suspensi mobil. Bagian ini terdiri dari tiga, yaitu penerus daya, kemudi, dan peredam guncangan.

Baca Juga  Mudik Ceria Penuh Makna Bersama Kereta Api Terbaru dari KAI

Seperti diketahui, sistem suspensi akan bekerja keras saat mobil dibawa dalam perjalanan jauh di tengah kondisi jalan yang dinamis.

Evaluasi Filter Mobil

Komponen keempat yang wajib dicek adalah filter mobil. Bagian ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu filter oli, udara, bensin, dan AC.

Rutin merawat filter mobil akan memastikan kinerja kendaraan berjalan optimal. Dengan begitu, perjalanan akan senantiasa nyaman.

Aki Mobil

Aki mobil juga menjadi komponen lainnya dari mobil yang penting diperhatikan. Sebagai sumber utama kelistrikan yang harus dijaga baik, aki dapat menyebabkan masalah kelistrikan yang serius.

Bahkan, bukan tak mungkin mengalami korsleting. Pasalnya, aki bertanggung jawab sebagai bagian yang menyalakan beragam fitur mobil seperti radio, lampu, hingga AC.

Rem

Komponen lainnya yang tak kalah penting dicek sebelum mudik adalah rem untuk keselamatan berkendara.

Untuk bagian pengecekan rem ini dimulai dari minyak rem. Sambil memeriksa jika ada kebocoran atau kotoran yang mengganggu kinerja rem, salah satunya terjadi endapan lumpur.

Lampu

Lampu menjadi komponen lainnya yang penting diperhatikan untuk menjaga visibilitas pengemudi. Apalagi, jika Anda harus berkendara di malam hari.

Karena itu, memeriksa kondisi lampu utama, lampu kabut, lampu rem, dan lampu sein menjadi langkah penting lainnya yang harus dilakukan sebelum mudik Lebaran.

Jika Anda menemukan lampu yang tidak berfungsi, maka wajib untuk segera menggantinya.

Air Radiator Mobil

Tak kalah penting dilakukan adalah memeriksa air radiator. Sebab, komponen ini berfungsi sebagai pendingin mesin untuk membuat suhu mobil dalam kondisi stabil.

Karena itu, pastikan volume air pada tangki radiator mencapai batas maksimal. Selain itu, periksa juga jika ada kebocoran di saluran air radiator.

Baca Juga  Tips dari Lifepal, Persiapan Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Agar Aman dan Nyaman

Pastikan Mobil Terlindungi Asuransi

Memastikan kondisi komponen-komponen tersebut sebelum mudik akan membantu mengurangi risiko masalah teknis di tengah perjalanan. Selain komponen-komponen tersebut, hal lain yang tak kalah penting dilakukan adalah memastikan kendaraan terproteksi asuransi mobil.

Seperti diketahui, asuransi mobil akan memberikan ganti rugi atas kerugian dan atau

kerusakan pada kendaraan jika mengalami tabrakan, terperosok, bencana alam, perbuatan jahat, hingga pencurian.

Tersedia dua pilihan untuk produk asuransi ini, yaitu asuransi mobil All Risk atau comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Jika asuransi comprehensive menanggung risiko kecelakaan, pencurian atau kehilangan, huru hara, hingga bencana alam banjir dan gempa bumi.

Sedangkan cakupan pada asuransi TLO, hanya akan memberi ganti rugi di atas 75 persen atau menanggung kondisi mobil rusak parah/tidak bisa dipakai. Apapun jenis asuransi mobilnya, pastikan memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion