Connect with us

Keuangan

Tips Lifepal: Ticket War Konser Coldplay, Ketahui Dulu Jenis Asuransi yang Penting Dimiliki

Published

on

Foto istimewa/ilustrasi

Jakarta, Bindo.id – Demam konser Coldplay yang akan diselenggarakan di Indonesia kini tengah merajalela di berbagai kalangan. Tentu saja, rata-rata masyarakat berharap bisa menjadi saksi penampilan keren Chris Martin cs di Ibu Kota.

Kondisi itu menimbulkan rasa takut ketinggalan atau Fear Of Missing Out (FOMO) yang membuat kebanyakan masyarakat bukan penggemar pun tertarik dan antusias mengikuti ticket war. Meski sah-sah saja menjadi bagian dari kegiatan konser musik yang menyenangkan, jangan lupa memastikan diri terlindungi proteksi asuransi.

Pasalnya, ada beragam risiko atau kejadian-kejadian lain yang tidak diinginkan saat penyelenggaraan dan menonton konser. Karena itu, sudah saatnya para promotor dan Anda sebagai penonton sadar pentingnya tiket konser sudah termasuk jaminan proteksi asuransi.

Sebagai perlindungan dari berbagai risiko, ada banyak jenis asuransi konser yang penting untuk dimiliki sebelum menonton pertunjukan musik. Untuk itu, Lifepal.co.id sebagai marketplace asuransi tepercaya dan pelaksanaannya diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memaparkan beberapa jenis asuransi konser yang penting dimiliki.

Lebih jelasnya, berikut ini adalah pemaparan dari Co-Founder sekaligus CMO Lifepal.co.id, Benny Fajarai, dalam keterangan resmi, Kamis (18/5/2023).

Mengenal Jenis Asuransi Konser 

Asuransi konser merupakan jenis asuransi yang dirancang khusus untuk melindungi penyelenggara konser, promotor, dan musisi terhadap risiko keuangan yang terkait dengan penyelenggaraan konser atau acara musik.

Asuransi ini memberi proteksi terhadap beragam risiko yang dapat terjadi sebelum, selama, dan setelah konser. Seperti pembatalan acara, cedera fisik artis, kerusakan peralatan, atau tanggung jawab hukum.

Jenis Asuransi yang Dibutuhkan dalam Konser Musik

Asuransi konser penting dimiliki jika Anda hendak menonton pertunjukan musik. Karena pentingnya produk proteksi tersebut, maka berikut ini adalah lima jenis pertanggungan produk proteksi tersebut:

Baca Juga  Mengenal Pertamax Green 92, BBM Baru Pengganti Pertalite

1. Pembatalan atau penundaan acara pertunjukan musik

Asuransi konser dapat melindungi Anda dari kerugian finansial akibat pembatalan atau penundaan acara.

Misalnya, jika musisi utama mengalami cedera dan tidak dapat tampil, atau terjadi bencana alam yang memaksa pembatalan konser, asuransi konser dapat membantu mengganti biaya yang sudah dikeluarkan, seperti biaya sewa tempat atau biaya promosi.

2. Musisi mengalami cedera atau jatuh sakit

Jika musisi mengalami cedera fisik atau sakit yang mencegahnya tampil dalam konser, maka jenis asuransi satu ini dapat menutupi biaya penggantian musisi atau biaya pembatalan konser.

3. Peralatan festival musik mengalami kerusakan

Asuransi konser dapat memberi perlindungan terhadap kerusakan, kehilangan, atau pencurian peralatan yang digunakan dalam festival musik, seperti alat musik, perangkat audio, dan perlengkapan panggung.

Dengan asuransi konser, maka Anda dapat mengklaim biaya perbaikan atau penggantian peralatan tersebut.

4. Tanggung jawab hukum

Asuransi konser juga dapat melindungi penyelenggara konser dari tuntutan hukum yang mungkin timbul akibat cedera fisik atau kerugian materiil yang dialami oleh penonton atau pihak ketiga lainnya selama konser. Biaya ini termasuk untuk membayar pengacara dan ganti rugi yang mungkin harus Anda bayar.

5. Asuransi cuaca

Produk proteksi ini akan melindungi Anda sebagai konsumen dari beragam kerugian finansial jika konser harus dibatalkan atau ditunda akibat kondisi cuaca buruk seperti angin, kilat dan hujan deras.

Itulah jenis asuransi konser dan beberapa ragamnya. Jenis-jenis asuransi untuk konser musik ini bervariasi tergantung kebutuhan serta peran Anda dalam industri musik atau penyelenggaraan konser.

Untuk itu, konsultasi terlebih dahulu dengan perusahaan asuransi yang spesialis dalam asuransi konser untuk saran terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika belum memiliki proteksi diri seperti asuransi kesehatan, maka jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal.co.id!.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion