Connect with us

Transportasi

Mudik Gratis Pemprov Jawa Barat Buka Di Bulan April, Cek jadwal dan Cara Daftarnya

Published

on

Pemerintah Provinsi Jawa Barat sediakan mudik gratis untuk masyarakat pada Lebaran 2023 [tribunnews]
Pemerintah Provinsi Jawa Barat sediakan mudik gratis untuk masyarakat pada Lebaran 2023 [tribunnews]

Bandung, Bindo.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat sediakan mudik gratis untuk masyarakat pada Lebaran 2023.

Program mudik gratis tersebut akan dibuka mulai 15-18 April 2023. Kepala Dinas Perhubungan Jabar, A Koswara mengatakan, trasportasi yang akan dipakai pada program mudik gratis 1 Syawal 1444 H yaitu bus dan kereta api (KA).

“Sebanyak 6.500 tiket untuk bus dan 5.954 tiket untuk kereta api,” tutur Koswara, Rabu (5/4/2023).

Dirinya menyampaikan untuk masyarakat Jawa Barat yang akan ikut program mudik gratis ini bisa mengakses pendaftaran di website https://mudik-dishub.jabarprov.go.id. Di web tersebut, pendaftaran mudik memakai bus dan kereta jarak jauh maupun regional antar kota/kabupaten.

Bagi pemudik yang memakai Kereta Api Lokal, pendaftaran memakai aplikasi KAI Access. Pendaftarannya disesuaikan dengan ketentuan layanan reguler. Dirinya mengimbau agar kesempatan mudik gratis ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Melalui program ini, masyarakat dapat mudik dengan aman, nyaman dan tertib.

“Masyarakat juga dapat merasakan mudik Lebaran yang aman, nyaman, dan tertib,” ujarnya.

Tagline yang dipakai dalam program mudik gratis ini yaitu Muara Hati. Arti dari Muara Hati adalah Mudik Jabar Juara Sehat, Selamat, dan Tertib.

Dirinya mengatakan sesuai hasil survei, potensi pergerakan masyarakat di Lebaran 2023 sebesar 87 persen atau sebanyak 43,44 juta masyarakat akan mengadakan perjalanan di Jawa Barat, dilansir dari kompas.com.

“43 persen di antaranya atau sekitar 18,68 juta menyatakan bahwa mudik menjadi alasan mengapa mereka melakukan perjalanan,” tuturnya.

Tingginya potensi pergerakan pada Lebaran 2023 dapat menyebabkan potensi kemacetan lalu lintas juga semakin tinggi. Sebab masyarakat saat mudik masih didominasi menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor.

Akan tetapi perjalanan jarak jauh memakai sepeda motor mempunyai risiko tinggi terjadi kecelakaan. Oleh sebab itulah, Pemda Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perhubungan Jabar menggelar program mudik gratis Lebaran 2023 untuk masyarakat di Jawa Barat.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Ini 'Tips' Cara Menyimpan Bahan Makanan Agar Awet Saat Ditinggal Mudik