Connect with us

Transportasi

Harga Tiket Kereta Executive Jakarta Surabaya Cuma Rp 700 Ribu, Ini Caranya

Published

on

Ilustrasi kereta api [voi]
Ilustrasi kereta api [voi]

Jakarta, Bindo.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan tarif tiket arus balik murah yang diberlakukan sampai 3 Mei 2023.

Harga tiket kereta eksekutif dapat semakin murah dengan membeli subkelas tarif. Penumpang dapat memperoleh tiket kereta eksekutif hanya dengan Rp 700.000-an. Harga ini berlaku untuk rute Jakarta-Surabaya.

KAI memberikan penawaran subkelas H, I, dan J di kelas eksekutif. Penawaran ini berlaku pada subkelas tarif rendah yang biasa KAI jual di periode bukan peak season. Misalnya, pada tarif KA Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Subkelas A saat peak season harganya sekitat Rp 800.000-1.000.000. Apabila pelanggan membeli dengan harga spesial, maka subkelas H, I atau J harganya menjadi Rp 700.000-an.

Penumpang bisa membeli tiket dengan subkelas H, I, dan J dengan memakai aplikasi KAI Access, web kai.id, dan semua penjualan tiket yang telah melakukan kerjasama secara resmi dengan KAI.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menuturkan pihaknya telah memberikan penjualan tiket tarif rendah di periode balik Lebaran 2023. Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin pergi memakai kereta api di momen arus balik lebaran 2023.

“Pembukaan subkelas KAI dengan tarif rendah pada arus balik Lebaran ini juga mendukung himbauan pemerintah agar masyarakat tidak terkonsentrasi melakukan perjalanan balik pada 24 dan 25 April saja,” ujar Joni, Selasa (25/4/2023).

Joni menyebutkan jumlah tempat duduk kereta api di periode arus balik Lebaran masih cukup banyak. Oleh sebab itu, masyarakat bisa segera memesan tiket kereta api untuk bepergian. KAI mendata peminat kereta api masih tinggi pada lebaran hari pertama dan kedua.

Di hari pertama dan kedua Lebaran (22 – 23 April 2023), tiket kereta api jarak jauh yang telah terjual okupansinya hingga 100%. Saat hari pertama Lebaran tiket yang terjual sebanyak 138.015 tiket. Sedangkan di hari kedua Lebaran tiket yang terjual sebanyak 179.849 tiket. Okupansi pelanggan kereta api jarak jauh terdata cukup tinggi pada saat arus balik lebaran.

Baca Juga  Mudik Lebaran, Tiket Kereta Bisa Dibeli Sekarang, Begini Caranya! 

Dilansir dari DetikCom, periode H+1 sampai H+3 Lebaran (24 – 26 April 2023), rata-rata tiket KA jarak jauh yang telah terjual sekitar 156.017 tiket. Jumlah tiket yang terjual ini rata-rata okupansi hingga 100%.

Saat periode H+4 sampai H+10 (27 April hingga 3 Mei tahun 2023), tiket kereta api jarak jauh jumlahnya masih cukup banyak tersedia.

“Perjalanan dengan kereta api khususnya di masa Angkutan Lebaran ini memiliki berbagai keunggulan dibanding moda transportasi darat,” ucap Joni.

Joni menuturkan melakukan perjalanan menggunakan kereta api mempunyai keunggulan diantaranya bebas macet, tepat waktu, lebih nyaman dan aman. Selain itu, kereta api juga dapat mengurangi angka kecelakaan yang ada di jalan raya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion