Connect with us

Transportasi

Musim Lebaran 2023, Pelindo Regional 3 Prediksikan Penumpang Alami Kenaikan Sekitar 15 Persen

Published

on

Pelindo Regional 3

Surabaya, Bindo.id – Pelindo Regional 3, telah memprediksi adanya kenaikan jumlah penumpang mudik lebaran sebanyak 15% dibanding tahun lalu pada arus mudik lebaran tahun 2023. Pihaknya pun menginstruksikan keseluruh General Manajer terminal untuk mengantisipasi lonjakan tersebut.

Ardhy Wahyu Basuki, Regional Head 3 Pelindo, menyampaikan kenaikan ini diprediksi disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi nasional paska pandemi serta penambahan masa libur dan cuti bersama idul fitri oleh Pemerintah.

Hal ini membuat banyak masyarakat yang ingin merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman mereka setelah sebelumnya tidak bisa melakukannya pada tahun 2022 karena pandemi Covid-19.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi kenaikan jumlah penumpang tersebut, Pelindo Regional 3 telah melakukan sejumlah upaya. Beberapa di antaranya adalah melakukan koordinasi dengan seluruh GM Terminal untuk memastikan alur layanan terminal, perbaikan infrastruktur, serta peningkatan pelayanan untuk memastikan kelancaran proses bongkar muat barang dan penumpang di pelabuhan.

“Kami telah memprediksi akan adanya kenaikan penumpang melalui beberapa analisa, dan kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pengguna jasa pelabuhan, khususnya pada momen lebaran yang menjadi momen penting bagi masyarakat Indonesia,” ujar Ardhy dalam keterangan tertulis.

Ardhy menambahkan setidaknya beberapa pelabuhan utama seperti Tanjung Perak, Tanjung Emas, Kupang, Kumai dan Lembar masih menjadi primadona tujuan pada mudik lebaran tahun ini dan akan terus menjadi penyumbang arus penumpang terbesar di wilayah regional 3.

“Pada 5 pelabuhan utama di atas memang menjadi perhatian khusus kami dalam hal mudik lebaran tiap tahun karena selalu dipadati pemudik dan menyumbang lebih dari 50% arus penumpang kami. Namun pelabuhan-pelabuhan lain juga tetap akan kita antisipasi pergerakannya,” pungkas Ardhy.

Baca Juga  Alami Peningkatan, KRL Tujuan Rangkasbitung Layani Lebih 19 Ribu Penumpang Per Hari

Sebelumnya pada angkutan mudik 2022 terdapat sedikitnya ada 488.551 penumpang mudik lebaran yang tersebar di 20 terminal kelolaannya, dimana 234.811 merupakan penumpang embarkasi dan 253.740 merupakan penumpang debarkasi. Sementara itu sedikitnya terdapat 940 pemberangkatan kapal pada mudik tahun lalu. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion