Connect with us

Info Regional

Pemerintah Minta Masyarakat Tunda Balik Ke Jakarta Bila Tak Ada Kepentingan Mendesak

Published

on

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy [tirto]
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy [tirto]

Jakarta, Bindo.id – Pemerintah meminta bagi para pemudik agar menunda kembali ke Jakarta pada tanggal 26-30 April 2023. Bagi pemudik yang tak memiliki kepentingan mendesak diharapkan dapat menunda melaksanakan perjalanan balik.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, sudah melakukan rapat koordinasi lintas instansi. Hasil rapat koordinasi didapatkan kesimpulan puncak arus balik terdekat akan terjadi pada hari Senin (24/4/2023) dan Selasa (25/4/2023). Apabila semua pemudik kembali di waktu yang sama maka memiliki potensi untuk menimbulkan penumpukan.

Muhadjir mengatakan PT Jasa Marga memberikan prediksi ada sekitar 203.000 kendaraan yang akan melakukan perjalanan di tanggal 24-25 April 2023 menuju ke Jakarta dan sekitarnya, Minggu (23/4/2023).

Oleh sebab itu diadakan sosialisasi secara masif supaya masyarakat tak terburu-buru apabila tak terlalu mendesak menunda jadwal untuk kembali ke Jakarta pada tanggal 26-30 April 2023.

“Tentu saja, bagi mereka yang tidak mungkin menunda tentu tidak ada larangan untuk tetap balik 24-25 April 2023,” ucapnya.

Pemerintah dan kepolisian menuturkan sudah mempersiapkan beberapa skenario untuk antisipasi penumpukan lalu lintas terlebih di jalan tol. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan rekayasa lalu lintas pastinya akan dilakukan, penerapan sistem satu arah/one way dan contra flow.

“Juga kemungkinan ganjil genap akan diberlakukan,” ucap Sigit.

Sistem ganjil genap diberlakukan untuk mengurai dan mendistribusikan beban jalan pada puncak arus balik. Dia menuturkan jajarannya sudah mempersiapkan simulasi penerapan rekayasa lalu lintas. Penerapan rekayasa ini akan dilakukan sampai ke titik terdekat dengan Ibukota.

Selain melakukan rekayasa lalu lintas, Pemerintah juga menyoroti pentingnya dalam mengelola rest area. Pengelolaan rest area dilakukan dengan menambah personel, sarana dan prasarana, dan manajemen arus kendaraan di dalamnya.

Baca Juga  Buruan Daftar! Ditjen Hubdat Gelar Mudik Gratis, Siapkan 24.072 Kuota Penumpang

Pemerintah meminta supaya buka-tutup rest area dilaksanakan dengan tegas. Selain itu, pasokan BBM dipastikan dengan baik. Arus balik dari Sumatera memprediksi akan mengalami peningkatan pada tanggal 24-25 April 2023.

Pemerintah meminta agar Pelabuhan Bakauheni, Lampung diperhatikan kesiapannya dengan baik. Penerapan pemisahan jenis kendaraan di pelabuhan Bakauheni dilakukan dengan baik juga.

Pemerintah menyebutkan pihaknya berupaya memberikan diskon di tanggal selain 24-25 April 2023, dilansir dari KompasCom. Diskon ini berlaku untuk moda transportasi darat, laut, dan udara. Selama ini, pemerintah baru akan memberikan pengumuman kesepakatan diskon tarif tol Semarang-Jakarta pada tanggal 27-29 April 2023.

Diskon yang diberikan sebanyak 20 persen. Penerbangan maskapai Garuda, Citilink, dan Lion Group juga mendapat diskon 20 persen pada tanggal 26-28 April 2023.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion