Connect with us

Transportasi

Mudik Gratis Jateng 2023 Pendaftarannya Dibuka Mulai Hari Ini

Published

on

Informasi mudik gratis Jateng 2023 [kompas]
Informasi mudik gratis Jateng 2023 [kompas]

Jakarta, Bindo.id – Mudik gratis bagi warga Jawa Tengah dapat mulai mendaftar hari ini, Senin (13/3/2023). Pendaftaran mudik gratis ini diperuntukkan bagi masyarakat yang  memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kelahiran Jawa Tengah (Jateng) yang ada di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Pendaftaran dapat dilaksanakan mulai hari ini, Senin 13 Maret 2023 pada pukul 08.00 WIB. Mudik gratis ini merupakan program bantuan Gubernur Jateng, Bupati/Walikota se-Jateng, dan Bank Jateng. Moda transportasi bus diberangkatkan dari Jakarta tujuannya tersebar diberbagai kota di Jawa Tengah.

Pendaftaran mudik gratis bagi warga Jateng ini dapat dilakukan secara online melalui situs resmi https://pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id/swa.

Syarat mudik gratis Jateng 2023

Dilansir dari kompas.com, kuota mudik gratis warga yang KTP-nya atau kelahiran Jateng dengan moda transportasi bus mempunyai kuota sebanyak 485 kursi. Bus akan berangkat dari Museum Purna Bhakti Pertiwi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur pada tanggal 17 April 2023.

Berikut ini syarat pendaftar mudik gratis Jateng 2023 :

  • KTP Jawa Tengah atau kelahiran Jawa Tengah
  • Pendaftar dalam keluarga atau kelompok maksimal 4 orang.

Peserta mudik gratis diwajibkan untuk melakukan pendaftaran ulang pada hari H keberangkatan. Pendaftaran ulang akan dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Tujuan kota mudik gratis Jateng 2023

Program mudik gratis yang diselenggarakan untuk warga Jateng 2023 tujuan kotanya yaitu:

  • Solo Raya : Klaten, Wonogiri, Sukoharjo, Surakarta, Boyolali, Sragen, Karanganyar
  • Semarang : Kendal, Demak, Grobogan, Salatiga, Kota/Kabupaten Semarang
  • Banyumas : Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara, Banyumas
  • Kedu : Kabupaten Purworejo, Kota/Kabupaten Magelang, Kebumen, Temanggung, Wonosobo
  • Pati : Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Blora
  • Pekalongan : Kota/Kabupaten Pekalongan, Kota/Kabupaten Tegal, Brebes, Pemalang, Batang

Mudik Arus Balik

Rencananya juga akan diselenggarakan mudik arus balik. Pada mudik arus balik akan memakai 43 bus. Pemberangkatan akan dipusatkan di Asrama Haji Donohudan (Solo), Terminal Mangkang (Semarang), dan Terminal Bulupitu (Purwokerto).

Baca Juga  Gelaran Kemenhub, Ada 28 Kota Tujuan Mudik Gratis Aman Berkesan

Akan tetapi, pendaftaran mudik arus balik gratis ini belum dibuka. Pendaftarannya masih menanti informasi selanjutnya. Mudik gratis bantuan dari Gubernur Jateng, Bupati/Walikota se-Jateng, dan Bank Jateng juga ada yang menggunakan moda transportasi kereta api.

Rencananya mulainya pembukaan pendaftaran mudik gratis warga KTP Jateng atau kelahiran Jateng dengan moda kereta api yaitu pada 27 Maret 2023.

Bagi warga yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang mudik gratis yang diperuntukkan bagi warga Jateng yang berada di wilayah Jabodetabek dapat menghubungi Badan Penghubung menggunakan WhatsApp di nomor 0813-1871-2523.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion