Connect with us

Transportasi

Buruan Daftar! Ditjen Hubdat Gelar Mudik Gratis, Siapkan 24.072 Kuota Penumpang

Published

on

Mudik Gratis

Jakarta, Bindo.id – Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menggelar kembali mudik gratis untuk di periode angkutan Lebaran 2023. Disediakan sebanyak 24.072 kuota penumpang dan 900 sepeda motor untuk arus mudik dan arus balik.

Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengajak masyarakat yang akan mudik untuk memanfaatkan program Mudik Gratis ini.

“Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) sedikitnya 123 juta masyarakat akan melakukan perjalanan pada libur lebaran dan mayoritas gunakan kendaraan pribadi,” beber Hendro di Jakarta, dalam keterangan resmi, Senin (13/3/2023).

Pengguna kendaraan pribadi juga diprediksi mayoritas menggunakan sepeda motor. Untuknya dia mengimbau agar memilih ikuti program Mudik Gratis karena bila gunakan sepeda motor dapat memicu hambatan di jalan, karena faktor ketahanan fisik yang kelelahan, jarak maupun kondisi alam.

Khusus yang digelar Kemenhub kata dia, maka disiapkan sebanyak 585 bus dan 30 truk. Pada periode mudik maka dialokasikan kuota sebanyak 18.528 orang dan periode arus balik 5.544 orang. Sedangkan untuk angkutan truk, maka akan mengangkut 450 di periode mudik dan 450 sepeda motor pada arus balik.

“Pendaftarannya sudah bisa dilakukan dari sekarang hingga 14 April mendatang dengan mendaftar secara online,” kata dia.

Direktur Angkutan Jalan Suharto menambahkan, untuk penyelenggaraan Mudik Gratis ini, pihaknya menggelontorkan anggaran dana sebesar Rp20 miliar. Untuk tujuan mudik yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Operasi Ketupat 2023 Resmi Digelar, Kapolri: Berikan Pelayanan Terbaik ke Pemudik