Connect with us

Transportasi

Puncak Arus Balik Lebaran, Tercatat 42.000 Penumpang Pulang ke Jakarta Hari Ini

Published

on

Ilustrasi penumpang kereta api pada arus balik lebaran 2023 [tribunnews]
Ilustrasi penumpang kereta api pada arus balik lebaran 2023 [tribunnews]

Jakarta, Bindo.id – Eva Chairunisa selaku Kahumas KAI Daop 1 Jakarta mengungkapkan, sejak Senin (24/4/2023) arus balik Lebaran Idul Fitri 2023 telah tampak di Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Hal tersebut juga terjadi pada hari ini, Selasa (25/4/2023) yang diprediksi akan ada 42.000 penumpang yang pulang di Jakarta.

“Sejak 24 April 2023 angka penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai mengalami peningkatan,” ucap Eva.

Eva menyebutkan total hari ini Selasa 25 April 2023 ada sebanyak 42 ribu pengguna yang tiba. Dia menghitung, dari jumlah tersebut, sejumlah 16.200 penumpang tiba di Stasiun Pasar Senen, 16.000 tiba di Stasiun Gambir, 4.400 di Stasiun Jatinegara, 4.000 di Stasiun Bekasi, dan sisanya tiba di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

“Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dari masa normal,” lanjut Eva.

Kebanyakan penumpang yang datang hari ini berasal dari daerah Surabaya, Yogyakarta, Solo, Semarang, Kutoarjo, Purwokerto, dan Malang.

Eva juga mengatakan bahwa beberapa persiapan sudah dilakukan oleh pihaknya saat arus balik Lebaran Idul Fitri, seperti persediaan kursi yang diperbanyak pada area tunggu penumpang .

Pihaknya berharap penumpang yang baru tiba dan menanti jemputan tak berdiri dan menaruh barang di area tertentu yang bisa menggangu arus lalu lalang penumpang lainnnya di stasiun.

Beberapa petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga telah siap untuk memberikan pelayanan informasi dan menyusun alur calon penumpang yang baru datang. Petugas tambahan untuk mengatur kendaraan juga telah dipersiapkan di beberapa titik pada area parkir stasiun.

“Dari sisi keamanan dan keselamatan, Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran,” ujarnya.

Baca Juga  Waspada Microsleep, Pemudik Bisa Manfaatkan Bilik Tidur Di KM 57 Tol Cikampek

Pihaknya juga bekerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit untuk percepatan penanganan kondisi darurat, dilansir dari liputan6.

Selain itu, Eva memperingatkan supaya para penumpang melakukan pemeriksaan kembali pada barang bawaannya termasuk di lokasi kursi penumpang. Hal tersebut dikarenakan, barang-barang berharga banyak yang ketinggalan.

Sebab, menurut Eva biasanya cukup banyak barang berharga yang tertinggal diantaranya dompet, telepon selular, laptop dan lainnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion