Connect with us

Transportasi

Diskon Tarif 20% Saat Arus Balik Akan Diberikan Jasa Marga, Berikut Ketetapannya!

Published

on

Diskon Tarif Tol Lebaran 2023 [jasamarga]
Diskon Tarif Tol Lebaran 2023 [jasamarga]

Jakarta, Bindo.id – Tambahan diskon tarif akan diberikan kleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 20% untuk Jalan Tol Trans Jawa saat arus balik.

Awalnya, diskon hanya diberlakukan untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek tetapi sekarang juga berlaku dari Semarang-Jakarta, yakni dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang hingga GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Lisye Octaviana selaku Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga mengatakan diskon tol itu hanya diberlakukan untuk pengguna jalan yang akan melangsungkan perjalanan menerus. Diskon bisa didapatkan dengan cara pengguna harus melakukan tap in dari GT Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama.

“Pemberlakuan diskon untuk periode arus balik akan mulai diberlakukan pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB,” ujarnya.

Potongan diskon akan diterapkan pada GT Cikampek Utama saja dan hanya berlaku untuk tarif perjalanan menerus dari Semarang menuju ke arah Jakarta.

“Perjalanan ini akan menempuh sejumlah ruas jalan tol yang tidak hanya dikelola oleh Jasa Marga, namun juga oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya, dimulai dari Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Kanci-Pejagan, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” kata Lisye melalui keterangan tertulis, Senin (24/4/2023). Dilansir dari detik.com.

Berikut besarnya diskon tarif tol 20% untuk tarif perjalanan menerus dari Semarang menuju arah Jakarta:

Kendaraan Golongan I: Awalnya Rp 372.000 menjadi Rp 297.600, mendapat diskon Rp 74.400
Kendaraan Golongan II dan III: Awalnya Rp 575.000 menjadi Rp 499.200, mendapat diskon Rp 75.800
Kendaraan Golongan IV dan V: Awalnya Rp 758.000 menjadi Rp 655.600, mendapat diskon Rp 102.400

Baca Juga  Diskon Tarif Tol Hingga 20 Persen Saat Arus Balik, Cek Tanggalnya Jangan Sampai Terlewat

Khusus di Jalan Tol Cikopo-Palimanan, yang mendapatkan diskon 20% hanya untuk kendaraan Golongan 1, sedangkan di ruas jalan tol lainnya diskon dapat berlaku untuk semua golongan kendaraan.

“Diskon ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik,” tuturnya.

Pihaknya mengimbau pengguna jalan agar bisa memastikan kesiapannya sebelum berangkat. Persiapan yang perlu diperhatikan yaitu memastikan cukupnya saldo e-toll dan BBM. Selain itu juga memastikan kendaraan dan pengendaranya kondisinya prima.

Khusus pada perjalanan di Jalan Tol Trans Jawa memakai sistem transaksi tertutup (tarif sesuai jarak), hanya dapat memakai e-toll yang sama ketika tap in dan tap out. Oleh sebab itu, ketika saldo kurang maka tak dapat pinjam e-toll pengguna jalan lainnya.

“Untuk itu sekali lagi, pastikan kecukupan saldo e-toll untuk menghindari antrian di gerbang tol,” tuturnya.

Guna menciptakan mudik yang aman dan berkesan, Jasa Marga menyerukan kepada para pengguna jalan untuk menaati rambu dan arahan petugas ketika masuk ke GT Cikampek Utama. Hal tersebut dikarenakan, terjadinya gangguan sekecil apapun akan mengakibatkan antrean kendaraan pada arus lalu lintas.

Diberlakukannya diskon tarif tol 20% ialah sebagai bentuk pelayanan dan penghargaan untuk pengguna jalan tol guna memberikan distribusi lalu lintas yang maksimal. Hal tersebut juga sebagai bentuk usaha untuk melakukan penghindaran penumpukan kendaraan pada satu tanggal tertentu, khusunya yang sudah diperkirakan menjadi puncak arus balik Lebaran

Jasa Marga juga memberikan peringatan kepada para pengguna jalan untuk menjauhi perjalanan pada waktu yang sudah diperkirakan menjadi puncak arus balik akan terjadi pada 24-25 April 2023 dan 30 April-1 Mei 2023 guna menjauhi arus lalu lintas yang padat.

Baca Juga  Rekontruksi Tol Jagorawi Mulai Hari ini, Pengguna Diimbau Atur Waktu Perjalanan

Pengguna jalan juga dihimbau untuk mengganti perjalanan pada tanggal 26-28 April 2023 demi nyamannya perjalanan dan bisa mendapatkan diskon tarif tol sebesar 20% untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta. Perjalanan di waktu favorit juga perlu dihindari juga perjalanan, misalnya pada pagi dan malam hari.

Selain itu, pastikan untuk menaati rambu dan arahan petugas di lapangan dan tetap disiplin saat berkendara di jalan tol. Manfaatkan waktu dengan bijak dengan cara tidak berlarut-larut di rest area dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kondisi lalu lintas juga dapat dilihat oleh para pengguna melalui CCTV real time di jalan tol lewat aplikasi Travoy. Update informasi lalu lintas dan permintaan pelayanan lalu lintas juga dapat dilakukan lewat One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy dan media sosial resmi Jasa Marga.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion