Connect with us

Transportasi

Tol Unik Bisa Nyanyi, Dapat Dilewati Saat Mudik Lebaran 2023

Published

on

Ilustrasi rambu singing road di jalan tol [liputan6]
Ilustrasi rambu singing road di jalan tol [liputan6]

Jakarta, Bindo.id – Lebaran idul fitri 1444 H tinggal menghitung hari. Sejumlah orang mulai melakukan mudik Lebaran. Mereka mulai melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman demi merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H bersama keluarga.

Ada bermacam cara yang dilakukan untuk pulang ke kampung halaman. Salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan melewati tol. Pemudik yang melewati Tol Trans Jawa menuju ke Jawa Timur akan melewati tol yang unik.

Tol ini dikatakan unik sebab dapat ‘bernyanyi’. Tol ini disebut juga dengan singing road. Tol tersebut dapat mengeluarkan bunyi ketika pengendara melintasinya. Berdasarkan informasi dari Instagram BPJT Kementerian PUPR, singing road berada di ruas Tol Ngawi-Kertosono-Kediri. Terdapat dua titik singing road di sepanjang jalan tol tersebut.

Singing road dapat dijumpai pada titik pertama yaitu di Km 616 Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri. Pada titik ini pengguna jalan dapat mendengarkan dua nada dari lagu selamat ulang tahun.

Singing road kedua berada di Km 644+200 B, arah Madiun-Solo,” tulis BPJT pada keterangan video di akun Instagram @bpjt_info, Senin (17/4/2023).

Di road kedua ini ada 6 nada, oleh sebab itu bunyi yang dihasilkan lengkap dari nada lagu selamat ulang tahun. Singing road ini telah dipasang di ruas Tol Ngawi-Kertosono-Kediri mulai 25 Desember 2019.

Tujuan dari pemasangan singing road ini yaitu untuk menekan angka kecelakaan dengan cara menjaga fokus para pengendara.

Nyanyian yang dihasilkan dari jalan tol ini keluar dari marka jalan. Bentuknya berupa rumble strip yang telah dipasang di jalan tol. Rumble strip tersebut ditata dengan jarak yang berdekatan.

Saat dilindas oleh ban mobil dengan kecepatan 80-100 km/jam, maka akan terdengar suara yang cukup jelas. Suara ini dapat didengar sampai ke dalam mobil.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Viral Aksi Koboi Berpelat Polisi di Tol, Kapolda Metro Perintahkan Tangkap Pelaku