Connect with us

Transportasi

Mudik Gratis Kemenhub, 2.000 Pemudik Diberangkatkan Naik KM Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Priok

Published

on

Dirjen Hubla lepas pemudik di Pelabuhan Tanjung Priok

Jakarta, Bindo.id – Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Arif Toha melepas mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut keberangkatan kedua, Senin (17/4) bertempat di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Arif mengatakan pada program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut tahun ini, Kementerian Perhubungan menyediakan kuota sebanyak 5.000 sepeda motor dan 10.000 penumpang.

“Alhamdulillah tahun ini keikutsertaan masyarakat meningkat dibanding tahun 2022 lalu, tahun 2023 ini masyarakat sangat antusias untuk mengikuti program mudik gratis dengan kapal laut,” ujar Arif.

Arif mengatakan pada keberangkatan kedua ini total jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 1.939 orang dan jumlah motor sebanyak 816 unit.

Arif juga mengimbau agar kepada para pemudik tidak memaksakan diri ke tempat tujuan mudiknya apabila kondisi badan tidak fit, para pemudik tetap harus mengutamakan keselamatan.

“Para pemudik jika sudah sampai jangan paksakan diri apabila badan tidak fit silahkan istiharat terlebih dahulu baru melanjutkan perjalanan ke kota tujuan mudiknya dan tetap utamakan keselamatan,” pesan Arif.

Arif menjelaskan bahwa keberangkatan hari ini merupakan keberangkatan kedua untuk mudik gratis dengan kapal laut, sebelumnya tanggal 15 April 2023 keberangkatan pertama telah dilaksanakan dan telah sampai di Tanjung Mas Semarang pada tanggal 16 April 2023.

“Hari ini merupakan keberangkatan kedua, keberangkatan pertama telah dilaksanakan pada tanggal 15 April 2023 yang dilepas langsung oleh Menteri Perhubungan dan ketika kedatangan di Tanjung Emas Semarang disambut langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,” ucap Arif.

Lebih lanjut Arif mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini sebagai upaya untuk mengalihkan kepadatan pemudik dengan sepeda motor karena pemudik dengan sepeda motor sangat rawan akan kecelakaan lalu lintas. Selain itu kegiatan ini sebagai bentuk pengenalan kepada pemudik bahwa transportasi laut dapat sebagai alternatif moda transportasi untuk mudik.

Baca Juga  Puncak Arus Mudik Diprediksi 19-21 April, Polri Siapkan Sistem Oneway

“Dengan mudik gratis ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan di jalan raya terutama pesepeda motor, kita ketahui mudik dengan sepeda motor sangat rawan akan kecelakaan,” pungkas Arif.

Sebagai informasi pada program mudik gratis naik kapal tahun ini, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Laut melaksanakan empat kali keberangkatan kapal, yaitu untuk arus mudik rute Jakarta – Semarang pada 15 dan 17 April 2023 dan untuk arus balik rute Semarang – Jakarta pada 25 dan 28 April 2023. Adapun total kuota dari keempat keberangkatan kapal tersebut yaitu 5.000 sepeda motor dan 10.000 penumpang. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion