Connect with us

Transportasi

Ribuan Peserta Arus Balik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal KM Dobonsolo Diberangkatkan dari Semarang Sore ini

Published

on

Pelepasan arus balik di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang

Semarang, Bindo.id – Sore ini (25/4) pukul 16.00 WIB, sebanyak 1.083 peserta mudik gratis sepeda motor naik kapal voyage pertama diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan kapal KM. Dobonsolo.

Keberangkatan para peserta tersebut dilepas oleh  Wakil Gubernur Propinsi Jawa Tengah, H. Taj Yadin Maemoen, didampingi Kepala Kantor Kesyahbandaran Kelas I Tanjung Emas, Semarang, Herwanto dan para pejabat serta stakeholders terkait di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Sebanyak 1.083 orang penumpang dan 418 sepeda motor peserta arus balik mudik gratis sepeda motor telah diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Jakarta dengan kapal KM.Dobonsolo,” jelas  H. Taj Yasin di Tanjung Emas Semarang.

Wagub H. Taj Yasin meminta agar para pemudik tetap jaga kesehatan sehingga bisa langsung masuk kerja dan  beraktivitas kembali di tempat kerja masing-masing.

Menurutnya, Pemda Provinsi Jawa Tengah siap mendukung program Pemerintah Pusat khususnya pelaksanaan mudik gratis sepeda motor  naik kapal karena bisa mengurangi angka kecelakaan di jalanan.

“Kami percaya kelancaran penyelenggaraan mudik ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setelah terdampak pandemi Covid 19 beberapa tahun lalu,” ujar Wagub.

Sementara itu Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Herwanto mengatakan, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengapresiasi dan berterima kasih kepada para pemudik yang telah mengikuti dan memanfaatkan kapal laut sebagai sarana transportasi untuk kembali ke Jakarta.

“Keikutsertaan masyarakat dalam memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini untuk arus balik, tentunya sangat membantu dalam menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya khususnya Pantura. Selain itu dengan naik kapal ini, mereka bisa istirahat di dalam kapal, sehingga setelah sampai di Jakarta bisa melanjutkan perjalanan ke rumah masing-masing,” tutur Herwanto.

Baca Juga  Kakorlantas dan Menhub Optimis Arus Balik Hari Ini Berjalan Lancar

Menurutnya, pada arus mudik tahun 2023, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Laut mengadakan empat kali keberangkatan kapal untuk peserta mudik gratis sepeda motor naik kapal, yaitu untuk arus mudik rute Jakarta – Semarang telah diberangkatkan  pada 15 dan 17 April 2023 dan untuk arus balik rute Semarang – Jakarta pada 25 dan 28 April 2023.

Total kuota dari keempat keberangkatan kapal tersebut yaitu sebanyak 10.000 penumpang dan 5.000 sepeda motor.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat, karena tingkat keikutsertaan dalam program mudik gratis sepeda motor naik kapal cukup naik signifikan dibanding tahun sebelumnya, Tahun 2023 ini masyarakat sangat antusias untuk mengikuti program mudik gratis dengan kapal laut,” ujar Herwanto.

Dia juga mengatakan, saat ini kuota arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut masih tersedia cukup banyak khususnya yang akan diberangkatkan kembali untuk mengangkut peserta arus balik peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal voyage kedua pada 28 April 2023 dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada pukul 16.00 WIB.

“Kami berharap masyarakat yang saat ini masih merayakan Idul Fitri di kampung halaman dan akan kembali ke Jakarta bisa memanfaatkan kuota yang masih tersedia di kapal KM. Dobonsolo dengan mendaftar secara on line melalui tautan https:/mudikgratis.dephub.go.id atau datang langsung ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” ujar dia.

Menurut Herwanto, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini merupakan salah satu dukungan Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk mewujudkan slogan mudik lebaran tahun 2023 ini, yaitu “Mudik Aman  Berkesan”.

“Para pemudik sepeda motor dengan kapal laut ini tidak dikenakan biaya apapun bahkan mendapatkan fasilitas dua kali makan selama pelayaran serta menikmati fasilitas lainnya seperti berobat secara gratis dan hiburan di atas kapal,” imbuhnya.

Baca Juga  3 Boeing 737 Max-9 Milik Lion Air Dilarang Terbang Oleh Kemenhub, Ini Alasannya

Pemerintah berharap dengan memanfaatkan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini, selain mengurangi angka kecelakaan, para pemudik juga dapat melakukan perjalanan dengan selamat, aman, serta berkesan.

Sebagai informasi, kapal KM. Dobonsolo diperkirakan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta esok hari, Rabu (26/4) pagi. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion