Connect with us

Transportasi

Arus Balik Lebaran 2024 Bisa Lewat Tol Kertasura – Klaten

Published

on

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Segmen Kartasura-Klaten [harianjogja]

Jakarta, Bindo.id – Masyarakat berasal dari arah Klaten atau Yogyakarta yang akan melakukan perjalanan balik melewati Jalan Tol Trans-Jawa saat ini dapat menggunakan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Segmen Kartasura-Klaten.

Jalan tol dengan panjang 22 kilometer ini dibuka secara fungsional satu arah pada tanggal 5-11 April 2024 untuk arus mudik. Sedangkan untuk arus balik dibuka pada tanggal 12-15 April 2024.

Kendaraan golongan I dapat memakai ruas fungsional ini secara gratis pada jam fungsional yakni pukul 06.00-17.00 WIB.

Saat arus balik, pengguna jalan dapat masuk ke jalur fungsional melalui Gerbang Tol (GT) Karanganom atau GT Klaten agar dapat meneruskan perjalanan via jalan tol.

Prediksi Jasa Marga, volume lalu lintas di ruas fungsional ini hingga 1.000 kendaraan per jam. Kecepatan laju kendaraan yakni sekitar 40 kilometer per jam.

PT Jasamarga Jogja Solo sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus mengadakan sosialisasi bagi pengguna jalan agar berhati-hati saat melintas.

Sebab, ruas tol ini masih di tahap konstruksi walaupun sudah dapat dipakai secara fungsional.

“Kecepatan kendaraan maksimal tidak lebih dari 40 kilometer per jam. Nanti ada rambu-rambu dan petugas Kepolisian. Kami juga memasang CCTV untuk memantau,” ujar Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo Rudy Hardiasnyah pada media briefing di Kantor Proyek PT Jasamarga Jogja Solo, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2024).

Kendaraan derek, rescue, ambulans, bahkan mobil patroli jalan raya juga akan disediakan oleh Jasamarga.

“Standar operasional jalan kami siapkan. Jadi ada 11 armada dengan personel sekitar 20 orang yang akan stand by memastikan kelancaran pengguna jalan,” ujar Rudy.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Peminat Tinggi, Ditjen Hubdat Siapkan 722 Bus dan 30 Truk untuk Mudik Gratis Lebaran 2024