Connect with us

Transportasi

Mengantisipasi Kepadatan Arus Balik, Lintas Panjang – Ciwandan Akan Dioperasikan

Published

on

Foto istimewa/ilustrasi/dok

JAKARTA (Bindo.id) – Mengantisipasi kepadatan arus balik, menjamin keamanan, keselamatan dan kelancaran pelaksanaan angkutan penyeberangan pada periode arus balik angkutan lebaran tahun 2024/1445 H, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk mengoperasikan Pelabuhan Panjang – Ciwandan untuk membantu mengurai kepadatan pada lintasan Bakauheni – Merak.

Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan (TSDP) Lilik Handoyo menyampaikan, pihaknya telah berkoordinasi dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk mengoperasikan KMP. Panorama Nusantara, KMP. ALS Elvina dan KMP. Amadea pada lintas Panjang – Ciwandan.

“Kami telah meminta PT ASDP untuk bisa mengoperasikan tiga kapal penyeberangan di lintas Panjang – Ciwandan. Pelayanan masing-masing kapal satu trip per hari dan beroperasi mulai 12 April sampai dengan 18 April 2024,” ungkap Lilik di Jakarta, Kamis (11/4/2024). 

Dia menuturkan, pelayanan pada lintas Panjang – Ciwandan diperuntukkan bagi kendaraan R2 (sepeda motor) dan R4 (Kendaraan Kecil) dengan dilakukan pembatasan kuota. Pembelian tiket dilakukan melalui aplikasi Ferizy secara online.

“Penjadwalan kapal tetap dilakukan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) berkoordinasi dengan KSOP Banten untuk pelaksanaan pengoperasian,” ujarnya.

Adapun, untuk lintasan Merak – Bakauheni dan sebaliknya akan diutamakan pengoperasian kapal-kapal besar sehingga bisa lebih banyak mengangkut para pemudik pada arus balik.

Sama seperti saat arus mudik, akan dilakukan juga Delaying System dan Buffer Zone untuk dilakukan screening kepada pengguna jasa yang belum memiliki tiket dan muatan.

“Sementara itu, tiket penyeberangan untuk kendaraan golongan VII, VIII dan IX tetap tidak dilayani di sistem eticketing aplikasi Ferizy, namun dialihkan melalui pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Muara Pilu,” katanya.

Dia berharap, dengan adanya pengaturan tersebut dapat mengurangi kepadatan dan memperlancar arus lalu lintas menuju Pelabuhan di momen arus balik.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Mantap, IPC TPK Area Panjang Pecahkan Rekor Layani Kapal Terpanjang
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *