Connect with us

Hukum & Kriminal

Irjen Rudi Setiawan Dilantik Firli Bahuri Sebagai Deputi Penindakan KPK

Published

on

Irjen Rudi Setiawan dilantik sebagai deputi penindakan KPK, Senin (6/11/2023) [disway]
Irjen Rudi Setiawan dilantik sebagai deputi penindakan KPK, Senin (6/11/2023) [disway]

Jakarta, Bindo.id – Hari ini Ketua KPK Firli Bahuri melantik Irjen Rudi Setiawan menjadi Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK yang baru.

Irjen Rudi sebelumnya menduduki jabatan sebagai Staf Ahli (Sahli) Kapolri pada bidang sosial dan politik.

Pelaksanaan pelantikan digelar di gedung KPK, Jakarta Selatan. Beberapa pimpinan KPK serta perwakilan pejabat yang berasal dari Mabes Polri juga ikut hadir di lokasi.

“Saya dengan ini secara resmi melantik saudara Irjen Pol Rudi Setiawan sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia,” ujar Firli ketika membacakan pelantikan Rudi Setiawan pada hari Senin (6/11/2023).

Selanjutnya, Irjen Rudi Setiawan  membacakan Pakta Integritas usai pengambilan sumpah sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK.

Salah satu bunyi Pakta Integritas tersebut berhubungan dengan kewajiban melaksanakan tugas berdasarkan ketentuan hukum.

“Saya yang bertandatangan di bawah ini, Inspektur Jenderal Polisi Rudi Setiawan, jabatan Deputi Penindakan dan Eksekusi dengan ini menyatakan, satu, bersedia mematuhi dan melaksanakan secara sungguh-sungguh ketentuan perundang-undangan dan kode etik Komisi Pemberantasan Korupsi,”tutur Rudi.

Posisi Jabatan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK yang sebelumnya diisi oleh Irjen Karyoto ini sempat kosong.

Saat ini Irjen Karyoto menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Irjen Rudi terdata pernah menjabat sebagai Kapolres Indramayu pada tahun 2010. Jabatannya terus mengalami peningkata, pada tahun 2017 dirinya meduduki jabatan sebagai Kapolrestabes Surabaya.

Dua tahun berselang, Irjen Rudi menduduki jabatan Wakapolda Sumatera Selatan. Dirinya kemudian dipercaya menjadi Staf Ahli (Sahli) Kapolri pada bidang sosial dan politik sejak tahun 2023.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Polda Metro Jaya Pelajari Kasus Brigjen Endar Yang Polisikan KPK