Connect with us

Kesehatan

Apakah Berobat ke Luar Negeri Juga Ditanggung Asuransi? Simak Ulasan dari LifePal

Published

on

foto:islustrasi/lifepal

Jakarta, Bindo.id – Masih banyak masyarakat Indonesia memilih untuk berobat ke luar negeri. Alasannya beragam, mulai dari pelayanan kesehatan yang dinilai lebih baik, hingga biaya pengobatan yang lebih murah untuk kasus medis tertentu.

Secara umum, ada beberapa pertimbangan mengapa orang memilih untuk berobat ke luar negeri. Pertama, biaya yang lebih murah jika dibandingkan berobat di dalam negeri. Beberapa negara menawarkan program medical tourism seperti Amerika Serikat, India, Singapura, Malaysia, Thailand. Dengan program ini, biaya yang harus dikeluarkan lebih murah, Rabu (19/7/2023).

Layanan medical tourism yang ditawarkan negara-negara tersebut memang khusus didesain untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan asing saat berobat di negaranya.

Tak jarang, dengan layanan ini bahkan ketika kita menambahkan akomodasi dan transportasi, biaya yang dikeluarkan masih relatif terjangkau.

Kedua, waktu tunggu yang lebih singkat. Seperti diketahui, pasien di Indonesia kerap kali harus menunggu lama saat harus menjalani prosedur medis di dalam negeri karena keterbatasan kapasitas rumah sakit dan daftar antri pasien yang panjang.

Dihadapkan dengan kondisi ini, berobat ke rumah sakit di luar negeri menjadi opsi logis, terlebih jika kondisi pasien darurat dan harus segera ditangani.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, pergi berobat ke luar negeri tentunya menjadi pilihan menarik.

Kendati demikian, berobat ke luar negeri dipastikan tetap membutuhkan biaya tak sedikit, minimal pasien atau keluarganya harus menyiapkan dana untuk transportasi serta akomodasi selama proses pengobatan.

Lalu bagaimana dengan biaya pengobatannya sendiri? Apakah berobat ke luar negeri juga ditanggung oleh asuransi seperti jika kita menjalani pengobatan di dalam negeri?

Menjawab pertanyaan itu, Lifepal sebagai marketplace asuransi terpercaya dan terdepan di Tanah Air memberikan pemaparannya dari Benny Fajarai, Co-Founder yang juga CMO Lifepal.co.id.

Baca Juga  Tips Lifepal, Asuransi Mobil Rental, Penting untuk Bisnis Penyewaan Kendaraan

Pastikan Asuransi Menanggung Biaya Berobat ke Luar Negeri

Asuransi kesehatan memberikan perlindungan finansial dari biaya perawatan medis yang bisa memakan biaya besar dan mengganggu perencanaan keuangan.

Karena itu, pastikan asuransi kesehatan yang dimiliki menjadi proteksi kesehatan bagi pemilik polis saat harus berobat ke rumah sakit, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Memiliki proteksi kesehatan, nasabah tidak perlu kesulitan jika berobat hingga ke negara lain.

Dengan catatan, jika benefit tersebut tertera dalam polis asuransi yang dimiliki. Pastikan polis asuransi yang dimiliki melindungi Anda saat harus menjalani rawat jalan maupun inap di negara lain.

Untuk itu, Anda dapat mengkonfirmasi kepada layanan asuransi mengenai pertanggungan dan prosedur klaim asuransi saat berobat di luar negeri agar mendapat pemahaman yang mendukung proses pengobatan.

Cek Manfaat yang Ditawarkan

Ada banyak perusahaan asuransi yang memberikan proteksi perawatan hingga ke luar negeri. Untuk bisa memperoleh proteksi yang diinginkan, pastikan Anda mengecek manfaat yang ditawarkan dari perusahaan asuransi tersebut.

Dengan manfaat tersebut, tentu asuransi yang dimiliki bisa memberikan perlindungan kesehatan menyeluruh sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut ini manfaat yang umumnya diberikan:

Cashless

Sistem asuransi kesehatan cashless membantu Anda untuk tidak perlu berhadapan dengan berbagai prosedur merepotkan saat menjalani perawatan di rumah sakit.

Anda hanya perlu menunjukkan kartu asuransi yang dimiliki, dan fokus pada perawatan tanpa perlu khawatir mengenai biaya yang dihadapi.

Double benefit

Jika memiliki manfaat ini, maka Anda tak perlu khawatir jika butuh menjalani perawatan saat sedang melakukan perjalanan keluar negeri.

Sistem double benefit memungkinkan untuk dapat meningkatkan manfaat kelas kamar, umumnya hingga dua kali lipat untuk perawatan di negara yang dituju.

Baca Juga  Lifepal Kerja Sama dengan CaringUp Melalui Produk Asuransi Karyawan

Extra benefit

Tentu saja kesehatan adalah harta yang paling berharga bagi siapa saja. Karena itu, memastikan kondisi tubuh merupakan hal penting dilakukan untuk mengantisipasi berbagai hal tidak diinginkan di masa depan.

Karena itu, jika memiliki manfaat extra benefit dari asuransi yang dimiliki, maka Anda dapat memanfaatkan medical check up tahunnya.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion