Connect with us

Sports

Piala Asia U-23 2024, Indonesia Punya Peluang Lolos ke Perempatfinal

Published

on

Timnas Indonesia U-23 berdoa sebelum melawan Australia di matchday 2 Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis (18/4/2024).
Timnas Indonesia U-23 berdoa sebelum melawan Australia di matchday 2 Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis (18/4/2024).

Doha (Bindo.id) – Timnas Indonesia U-23 berkesempatan untuk masuk ke Perempatfinal Piala Asia U-23 2024. Berikut rincian untuk Garuda Muda di laga terakhir Grup A.

Pada laga pembuka, setelah kalar 0-2 dari Qatar, Indonesia harus bersaing dan menang dari Australia di laga kedua yang digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis (18/4/2024) malam WIB.

Pada menit ke-25, Indonesia hampir saja kebobolan dahulu ketika Australia memperoleh penalti. Namun, sepakan Mohammed Toure masih dapat diselamatkan oleh Ernando Ari.

Selepas itu, pada menit ke-45 Indonesia mendapat gol melalui Komang Teguh dengan sepakan jarak dekat. Skor 1-0 tetap sama sampai laga berakhir yang menjadikan Indonesia mendapat tiga poin perdana di ajang tersebut.

Sehingga, Indonesia menduduki posisi kedua Grup A dengan tiga poin dari dua dengan selisih gol minus satu. Beberapa jam setelahnya, Yordania kalah dari Qatar yang menjadikan kemenangan Indonesia tersebut semakin berarti besar.

Yordania kalah dari Qatar dengan skor 1-2 saat Mohammad Al Mannai membuat gol kemenangan pada menit ke-13 injury time babak kedua. Qatar yanh memiliki enam point pantas maju ke perempatfinal sebab Yordania atau Australia tak mungkin mengejarnya dengan satu poin.

Hal ini berarti Indonesia, Yordania, dan Australia hanya dapat mengambil satu tiket pada laga terakhir, Minggu (21/4/2024). Indonesia akan melawan Yordania, sedangkan Australia melawan Qatar.

Terdapat sejumlah poin penetapan tiebreaker apabila di akhir fase grup terdapat dua atau lebih tim yang memiliki poin sama:

1. Total poin head to head
2. Selisih gol head to head
3. Total gol yang dibentuk head to head
4. Adu penalti, apabila dua tim yang memiliki poin sama bertemu pada pertandingan terakhir grup.
5. Poin Kedisiplinan
6. Ambil undian

Baca Juga  4 Tim Yang Lolos Semifinal Di Piala Asia U-23 2024

Pada kondisi tersebut, maka Indonesia memiliki kesempatan untuk lolos:

1. Menang

Indonesia otomatis lolos ke perempatfinal atas kemenangan dari Yordania dengan mengantongi enam poin, tanpa harus menanti hasil Qatar vs Australia. Selain itu, Indonesia juga dapat menjadi pemuncak grup jika menang dari Yordania dengan minimal selisih satu gol, sedangkan Qatar kalah dari Australia dengan selisih empat gol.

2. Imbang

Apabila skornya sama saat lawan Yordania dan Qatar gagal dikalahkan oleh Australia, maka Indonesia akan masuk sebagai runner-up grup dengan empat poin. Terlebih apabila Australia menang lawan Qatar dengan skor berapapun, Indonesia akan tetap lolos ke babak selanjutnya dengan hasil imbang.

Lantaran Indonesia menang head-to-head poin lawan Australia karena menang dengan skor 1-0 pada matchday kedua.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *