Connect with us

Politik

Respon Bawaslu Saat Atribut Kampanye Bahayakan Pengguna Jalan

Published

on

Sekjen Bawaslu Ichsan Fuady [bawaslu]

Jakarta, Bindo.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memberikan tanggapan banyak pemasangan atribut kampanye yang membahayakan masyarakat, terlebih bagi pengguna jalan.

Bawaslu meminta agar pemasangan dapat dilaksanakan dengan tertib.

“Kami responnya adalah harapannya adalah semua bisa tertib (pemasangan atribut kampanye), jadi tidak membahayakan orang lain,” tutur Sekjen Bawaslu Ichsan Fuady saat kegiatan Bawaslu On Car Free Day di Jl MH Thamrin Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2024).

Ichsan menyebutkan peserta kampanye harus sadar serta saling memberikan dukungan supaya Pemilu dapat berjalan dengan aman. Pemasangan atribut dilaksanakan dengan tertib, sehingga tak ada lagi kecelakaan yang disebabkan tertimpa baliho caleg.

“Maka semua pihak harus sadar tentang itu semua harus saling mendukung,” ujar Ichsan.

Ichsan menuturkan pengawasan terus dilaksanakan. Evaluasi juga dilaksanakan secara periodik supaya pelaksanaan pengawasan bisa berjalan dengan baik.

“Kami di Bawaslu selalu secara periodik selalu melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pengawasan. Pelaksanaan pengawasan itu selalu dimonitor oleh Pimpinan oleh teman-teman di Bawaslu yang selalu prosesnya seperti apa akan dilaporkan,” ujar Ichsan.

Seorang pemotor di Kembangan, Jakarta Barat, diberitakan tertimpa baliho partai yang dipasang pada sepanjang bahu jalan. Pemotor itu pun terluka.

Di video CCTV yang beredar, Jumat (29/12/2023), awalnya pemotor sedang melintas pada sisi kiri jalan. Dari rekaman CCTV tersebut tampak baliho partai tiba-tiba roboh sampai menimpa 2 orang pria yang berboncengan motor.

Akibat peristiwa itu, 2 motor yang ada di belakangnya ikut terjatuh. Baliho tersangkut pada salah satu pemotor serta menyebabkan bibirnya luka serta berdarah.

Kapolsek Kembangan Kompol Billy Gustiano menuturkan belum ada laporan polisi tentang peristiwa yang terjadi. Akan tetapi pihak kepolisian tetap akan melakukan penelusuran.

Baca Juga  Cara Cek Real Count KPU Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2024

“Yang jelas, sampai saat ini belum ada laporan terkait informasi di video tersebut. Nanti kita telusuri. Masih kita telusuri informasi tersebut yang di video itu,” ujar Billy, Jumat (29/12).

Billy menuturkan usai dilakukan penelusuran, nantinya pihak kepolisian akan memberikan klarifikasi kepada pihak partai tentang pihak yang memasang baliho itu.

“Iya (bakal diklarifikasi). Kita pastiin dulu informasinya yang di video itu,” tuturnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion