Connect with us

Politik

KPU Kota Blitar Gelar Sosialisasi Khusus Bagi Penyandang Disabilitas Tuna Netra

Published

on

aa-29dc6a09

Kota Blitar – KPU Kota Blitar menggelar sosialisasi khusus bagi penyandang disabilitas. Kali ini menyasar anggota Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Kota Blitar. Sosialisasi itu berlangsung pada Rabu (10/01/2024) di Sekretariat Pertuni, Jl. Sudanco Supriyadi.

Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rangga Bisma Aditya mengatakan sosialisasi bagi penyandang tunanetra ini dilakukan untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang inklusif, dan memastikan hak pilih kaum disabilitas. Menurut Rangga, penyandang tuna netra di Kota Blitar ada sebanyak 83 orang. Saat Pemilu 2024 nanti, mereka bisa menggunakan formulir C pendamping. Sehingga, saat pemilihan berlangsung, mereka mendapat pendampingan ke TPS hingga di bilik suara. 

Rangga menyebut tenaga pendamping ini bisa anggota keluarga penyandang disabilitas atau orang terdekat lainnya. Namun jika tidak ada, petugas KPPS bisa membantu penyandang disabilitas dalam memanfaatkan hak suaranya. Dalam proses itu, Rangga memastikan petugas tetap menjaga prinsip kerahasiaan. 

“Jadi tenaga pendamping ini nantinya bertugas untuk mendampingi penyandang tuna netra di TPS, hingga di bilik suara. Termasuk membantu membuka kan surat suara, karena yang DPRD Provinsi dan Kota itu kan besar,” jelas Rangga.

Lebih lanjut, Rangga menyatakan dalam sosialisasi itu juga menunjukkan 5 jenis surat suara Pemilu 2024. Sebab masing-masing jenis surat suara memiliki warna yang berbeda. Untuk surat suara pemilihan presiden berwarna abu-abu, DPR RI berwarna kuning, DPD RI berwarna merah, DPRD Provinsi Jatim berwarna biru, dan DPRD Kota Blitar berwarna hijau.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Pemkot Blitar Gelar Dialog Forkopimda Untuk Menyongsong Pemilu 2024 yang Damai dan Kondusif