Connect with us

Info Nasional

Pesan Jokowi-Ma’ruf Untuk Prabowo-Gibran, Langsung Kerja Usai Dilantik

Published

on

Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin [bbc]

Jakarta, Bindo.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memutuskan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) terpilih pada periode 2024-2029, Rabu (24/4/2024).

Penetapan ini dilaksanakan usai gugatan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan olwh pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar maupun capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD ditolak oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Penetapan Prabowo-Gibran ini dituangkan KPU pada Keputusan Nomor 504 Tahun 2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dalam Pemilu 2024.

Pada sisi lain, penetapan Prabowo-Gibran menjadi capres-cawapres terpilih mendapat sambutan baik beberapa pihak, termasuk juga Presiden Joko Widodo maupun Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Keduanya pun langsung memberikan petuah untuk Prabowo-Gibran yang akan menjadi pemimpin roda pemerintahan selanjutnya.

Langsung kerja

Jokowi memberi petuah untuk Prabowo-Gibran agar segera menyiapkan diri jelang pelantikan menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

Jokowi juga meminta supaya Prabowo-Gibran langsung bekerja usai menjalani pelantikan menjadi pemimpin negara.

“Ya ini kan tahapan proses itu kan sudah hampir selesai semuanya. MK sudah, kita harus menghormati putusan MK sebagai sebuah putusan yang final dan mengikat. Kemudian hari ini juga KPU menetapkan (Presiden dan Wakil Presiden terpilih),” tutur Jokowi saat di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu.

“Artinya apa? Presiden dan wakil presiden terpilih harus mempersiapkan diri dengan perencanaan-perencanaan yang sudah dikampanyekan, untuk masuk nanti setelah pelantikan langsung kerja,” imbuhnya.

Tak membentuk tim transisi

Jokowi juga menekankan tak akan membentuk tim transisi dalam menyiapkan pemerintahan berikutnya.

Hanya saja, Jokowi menuturkan dirinya beserta jajarannya menyiapkan supaya proses transisi pemerintahan dapat berjalan mulus dan baik.

Baca Juga  Raih Posisi Ketiga, Caleg NasDem Mengundurkan Diri, Begini Tanggapan KPU

Sehingga Prabowo dan Gibran nantinya dapat langsung bekerja usai dilantik pada tanggal 20 Oktober 2024 mendatang.

“Endak, endak, endak (tidak ada tim transisi). Kita itu menyiapkan agar transisinya itu bisa berjalan mulus dan baik sehingga presiden dan wakil presiden terpilih bisa langsung bekerja setelah dilantik. Kalau itu juga diminta dari presiden dan wakil presiden terpilih,” paparnya.

Ingatkan tentang tugas

Ma’ruf Amin tak menitipkan program-program tertentu yang menjadi tugasnya untuk diteruskan oleh Gibran ketika keduanya bertemu di Rumah Dinas Wapres, Rabu.

Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi menyebutkan Ma’ruf hanya menerangkan tugas-tugas yang diberikan Jokowi ketika bertemu dengan Gibran.

“Enggak (ada titipan program), jadi yang diceritakan oleh Wapres itu tugas yang diberikan oleh presiden sekarang, Pak Jokowi kepada saya adalah ini, ini, ini,” ujar Masduki, Rabu sore.

Masduki memberikan contoh, tugas-tugas yang diberikan kepada Ma’ruf Amin yakni tentang ekonomi syariah, penanganan Papua, maupun pengentasan stunting serta kemiskinan ekstrem.

Masduki juga mengingatkan bahwa Ma’ruf Amin selaku wakil presiden tak memiliki wewenang untuk membuat keputusan, namun hanya memperoleh tugas dari presiden. Penugasan kepada wakil presiden tersebut juga bisa berubah sesuai dengan kebijakan presiden yang menjabat.

“Penugasan yang dari presiden dalam hal ini Pak Prabowo nanti, ya bisa sama tapi juga bisa beda,” tutur Masduki.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion