Connect with us

Politik

4 Partai Politik Secara Resmi Dukung Ganjar Jadi Capres Di Pemilu 2024

Published

on

Ganjar Pranowo ditetapkan Megawati menjadi bakal capres di pemilu 2024 dari PDIP [antara]
Ganjar Pranowo ditetapkan Megawati menjadi bakal capres di pemilu 2024 dari PDIP [antara]

Jakarta, Bindo.id – Ganjar Pranowo mendapat dukungan dari sejumlah parpol untuk maju menjadi capres di pemilu 2024 nanti.

Saat ini terdata sebanyak 4 partai politik telah mendeklarasikan Ganjar sebagai capres 2024. Selain PDIP, terdapat 3 partai lainnya yang memberikan dukungannya kepada Ganjar. Ketiga parpol tersebut yaitu PSI, Hanura, dan PPP.

Dilansir dari detikcom, PSI merupakan partai pertama yang mengusung Ganjar menjadi capres 2024. Setelah itu, PDIP secara resmi memberikan dukungan kepada Ganjar. Pengusungan Ganjar diumumkan secara langsung oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Parpol lain yang menyusul mendukung Ganjar yaitu Hanura dan PPP.

Partai politik yang menjadi pendukung Ganjar

Berikut ini partai politik yang memberikan dukungan kepada Ganjar, dilansir dari detikcom :

PSI

PSI mendeklarasikan Ganjar Pranowo menjadi calon presiden di Pilpres 2024 pada oktober 2022 lalu. Keputusan tersebut sesuai dengan hasil polling Rembuk Rakyat yang sudah dilaksanakan mulai akhir Februari 2022.

“PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024,” tutur Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Senin (3/10/2022).

Grace menyebut Ganjar lebih unggul dibanding dengan calon lainnya. Dia menganggap Ganjar mempunyai sikap kebangsaan yang diperjuangkan oleh PSI.

“Sejak awal Mas Ganjar unggul dibandingkan kandidat lainnya,” tuturnya.

Menurutnya, Ganjar merupakan calon terbaik sebab mempunyai kebangsaan dan kebinekaan yang sama dengan apa yang selama ini diperjuangkan oleh PSI. PSI mengatakan pihaknya tak mengundang Ganjar saat deklarasi dirinya sebagai capres. PSI merasa bahwa pihaknya tidak perlu memberi tahu kepada Ganjar.

Grace Natalie menerangkan polling yang diklaim PSI menjadi dasar untuk memberi dukungan kepada Ganjar. Polling Rembuk Rakyat merupakan jajak pendapat publik. Pertanyaan kandidat capres ditujukan kepada masyarakat. Kesembilan nama kandidat capres juga didapat dari masyarakat. Selain itu sejumlah media juga memberitakan program rembuk rakyat.

Baca Juga  Hari ini Presiden Jokowi Resmikan PLTS Apung Cirata Yang Merupakan Terbesar di ASEAN

“Di konpres kemarin, ke sembilan tokoh tahu bahwa sedang ada polling,” tutur Grace, Selasa (4/10/2022).

PDIP

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mendeklarasikan Ganjar menjadi bakal capres PDIP.

“Maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, menetapkan saudara Ganjar pranowo,” tutur Megawati di Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4).

Ganjar yang saat ini menjadi Gubernur Jawa Tengah, sekaligus kader dan petugas partai diamanatkan untuk penugasannya ditingkatkan untuk maju sebagai bakal calon Presiden Republik Indonesia dari PDIP.

Saat pengumuman Ganjar jadi Capres PDIP, Megawati didampingi oleh Presiden Jokowi. Turut mendampingi juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Megawati memakaikan peci hitam Bung Karno kepada Ganjar Pranowo usai pengumuman capres tersebut. Megawati berpendapat peci adalah budaya orang Indonesia yang merupakan identitas nasional.

Ganjar diberi kesempatan untuk bicara setelah resmi diusung jadi capres PDIP. Dirinya mengaku memperoleh kehormatan ditugaskan menjadi capres PDIP. Menurutnya, ini merupakan keputusan yang diambil ketua umum dengan melalui proses yang sangat panjang.

“Sebuah kehormatan buat saya mendapatkan tugas ini sebagai kader partai, di samping tentu tugas ini tidak mudah,” ujar Ganjar di Istana Batutulis.

Hanura

Partai Hanura secar resmi memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo agar dapat maju menjadi capres di Pilpres 2024. Keputusan Hanura ini dideklarasikan usai pengumuman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang telah menetapkan Ganjar Pranowo menjadi capres 2024 dari PDIP.

“Itu sebabnya tadi malam begitu setelah Ibu Mega mengumumkan di depan Presiden RI,” tutur Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) di kediamannya, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (22/4).

Oso meyakini itu merupakan pilihan Jokowi yang ditunggu-tunggu. Dirinya pun juga turut memberikan dukungan kepada Ganjar menjadi Presiden Republik Indonesia berikutnya. OSO menuturkan semua DPD Hanura telah sepakat untuk memberikan dukungan kepada Ganjar. Dia berpendapat Indonesia memerlukan pemimpin yang berpihak pada rakyat dan daerah.

Baca Juga  Kendaraan Listrik Berpelat Nomor IKN Dibebaskan dari PPN dan PPnBM

“Saya, partai saya, Partai Hanura Republik Indonesia dengan seluruh perangkatnya, dengan Zoom tadi malam pada jam lima sore kita memutuskan bersama seluruh cabang-cabang yang ada di Indonesia ini,” ungkapnya.

Dia menyebutkan DPD-DPD di semua Indonesia telah sepakat memberikan dukungan kepada Ganjar.

“Jakarta bukan satu-satunya cermin, Indonesia begitu luas sekarang menjadi 38 provinsi, dan bakal akan berkembang lagi itu,” ungkapnya.

Menurutnya, itu sebabnya Indonesia membutuhkan sosok figur yang benar-benar berpihak pada daerah dan rakyat. Dari daerah untuk Indonesia.

PPP

PPP secara resmi menyatakan pihaknya memberi dukungan kepada Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 sebagai capres. Pengumuman Ganjar capres PPP diadakan di kompleks kediaman Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono yang berada di Pakem, Sleman, Rabu (26/4/2023). Secara langsung Mardiono memberikan pengumuman tentang pencapresan Ganjar.

“Bismillahirrahmanirrahim PPP memutuskan Bapak H Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI pada Pemilu Presiden tahun 2024,” tutur Mardiono.

Keputusan ini sesuai dengan hasil musyawarah yang dilakukan oleh PPP. PPP telah menyelesaikan sejumlah rangkaian rapat koordinasi pimpinan nasional, Selasa (25/4). Hasil Rakorpim menetapkan satu nama capres yang akan diusung oleh partai berlambangkan Kakbah tersebut.

“Memang dari tahapan itu sudah diambil keputusan,” ujarnya beberapa waktu yang lalu.

Beberapa waktu lalu dirinya juga mengatakan bahwa pengumuman secara resmi akan dikomunikasikan terlebih dahulu bersama pihak terkait pada perpolitikan ini.

Saat itu dirinya belum mengumumkan figur siapa yang ditetapkan berdasarkan rangkaian konstitusi PPP. Pihaknya kemarin, Rabu (26/4/2023) telah mengumumkan kepada publik bahwa partainya telah mengusung Ganjar Pranowo menjadi capres 2024.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion