Connect with us

Politik

PPP Umumkan Dukung Ganjar Capres, PDIP Akan Gelar Pertemuan Kedua Partai

Published

on

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto [antara]
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto [antara]

Jakarta, Bindo.id – Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyambut dengan baik PPP yang telah memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo menjadi capresnya. PDIP berencana akan menggelar pertemuan bersama PPP di waktu dekat.

“Atas keputusan PPP ini, akan ditindaklanjuti dengan pertemuan dan dialog antarkedua partai dalam waktu dekat,” ujar Hasto, Rabu (26/4/2023).

Hal ini bertujuan untuk mengukuhkan kerja sama partai politik pada sistem presidensial yang berdiri kokoh dan rakyatlah yang menjadi pemegang prinsip kedaulatan negara. Hasto menuturkan PDIP memberikan sambutan baik kepada PPP yang telah mendukung kadernya. Dirinya memberikan apresiasi penuh mengingat hubungan baik yang telah terjalin dari kedua partai ini.

“PDI Perjuangan menyambut dukungan yang diberikan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terhadap bakal calon presiden yang telah ditetapkan PDI Perjuangan yaitu Mas Ganjar Pranowo,” tuturnya.

Dia menyebut keputusan PPP menjadi dukungan sangat positif, sehingga PDIP memberikan apresiasi pada PPP. Dirinya berpendapat alasan PPP memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sejalan dengan prinsip yang telah diterapkan pada partai. Harapannya Amar ma’ruf Nahi Munkar selaras dengan nasehat dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Prinsip amar ma’ruf nahi munkar tersebut senapas dengan nasehat Ibu Megawati ke Mas Ganjar Pranowo,” ujarnya.

Nasehat Megawati kepada Ganjar yakni bijaksana dan baik, baik dan bijaksana. Hasto lalu membahas tentang aspek sejarah PPP dan PDIP. Dirinya mengatakan Megawati dengan Hamzah Haz memiliki hubungan baik saat Pilpres.

“Dari sisi aspek sejarah, hubungan kedua partai memiliki kesamaan yang di masa lalu menjadi partai tertindas yang sama-sama ditindas oleh Orde Baru,” ungkapnya.

Megawati dan Hamzah Haz, menurutnya mempunyai hubungan yang sangat erat dan pernah bersama di pemerintahan.

Baca Juga  Demokrat Dan PKB Hengkang Dari Koalisi Masing-Masing Buntut Anies Gandeng Cak Imin Jadi Cawapres Di Pemilu 2024

“Saat itu, Pak Hamzah menjadi wakil presiden,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan Megawati memiliki persahabatan yang baik dengan ulama karismatik dan tokoh senior PPP. Tokoh ulama karismatik tersebut yaitu KH Maimun Zubair atau panggilan akrabnya Mbah Moen semasa hidupnya.

PPP Deklarasi Dukung Ganjar Capres

PPP secara resmi telah menjatuhkan pilihan untuk membetikan dukungan kepada kader PDIP yaitu Ganjar Pranowo menjadi capres 2024 di pilpres 2024. Pengumuman Ganjar capres PPP digelar di kompleks kediaman Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono. Lokasi deklarasi berada di Pakem, Sleman, Rabu (26/4). Mardiono mendeklarasikan srcara langsung pencapresan Ganjar.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim PPP memutuskan Bapak H Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI pada Pemilu Presiden tahun 2024,” tutur Mardiono, dilansir dari detikcom.

Keputusan ini diambil setelah melalui musyawarah dan diskusi secara mendalam.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion