Connect with us

Politik

PPP Bakal Umumkan Capres Hari Ini

Published

on

Mujammad Mardiono selaku Plt. Ketua Umum PPP [antara]
Muhamad Mardiono selaku Plt. Ketua Umum PPP [antara]

Jakarta, Bindo.id– Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yakni Arsul Sani mengungkapkan, tokoh Ganjar Pranowo memperoleh dorongan terbanyak untuk diusulkan sebagai calon presiden (capres) oleh kader partainya. Hal tersebut dikarenakan, mayoritas DPW PPP memberikan usulan kepada Gubernur Jawa Tengah agar menjadi calon RI-1 dari PPP.

Hal tersebut terlihat saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PPP yang digelar di Yogyakarta, Selasa (25/4/2023).

“Maka, tak heran jika arahnya memang ke GP (Ganjar Pranowo),” ujar Arsul ketika dihubungi, Rabu (26/4/2023).

Ia menuturkan, pengambilan usulan para pemimpin wilayah dilakukan usai mereka menjalanlan rapimwil atau mukerwil yang diikuti oleh sejumlah cabang di provinsi masing-masing.

DPP PPP menyerahkan kesempatan dan akomodasi usulan dari tiap DPW sehingga dinamika Rapimnas di Yogyakarta dapat terlaksana dengan baik.

“Masing-masing struktur di tingkat wilayah atau provinsi atau cabang atau kabupaten kota diberi keleluasaan untuk menyampaikan aspirasinya terkait bacapres dan bacawapres,” jelasnya.

“Semuanya kami perdebatkan dan musyawarahkan di rapimnas di Yogya kemarin, pada akhirnya memang harus mengerucut dan diputuskan satu nama,” lanjutnya.

Semua kader diminta Arsul supaya tetap solid usai pengumuman capres. Harapan dia, tidak ada yang kecewa terkait tidak terpilihnya usulan capresnya oleh DPP PPP.

“Jangan sampai soal pilpres kemudian membelah partai, yang pada akhirnya menjadikan kinerja pilegnya tidak maksimal,” kata dia.

Yunus Razak selaku Ketua DPP PPP juga sudah mengatakan bahwa Ganjar banyak mendapatkan usulan untuk maju capres dari PPP pada Rapimnas di Yogyakarta.

Tetapi, Muhamad Mardiono selaku Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP yang akan memutuskan. Mardiono jugalah yang akan mengumumkan capres dari PPP pada Rabu ini. Meski demikian, Yunus berpendapat bahwa Ganjar pantas untuk menjadi sosok capres yang diusung oleh PPP.

Baca Juga  Airlangga Ungkap 3 Poin Hasil Pertemuannya Dengan Surya Paloh

“Ganjar memiliki preferensi yang kuat untuk diusung PPP baik secara historis maupun kesamaan visi membangun bangsa dan umat,” tuturnya.

Selain resmi diusulkan sebagai capres oleh PDI-P pada Jumat (21/4/2023), Ganjar juga memperoleh dukungan dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang mengumumkannya pada Sabtu (22/4/2023).

Dilansir dari kompas, Hasto Kristiyanto selaku Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa pengumuman capres dari PDI-P akan membangkitkan bandul politik Tanah Air. Ia mengungkapkan, banyak parpol sudah melakukan komunikasi dengan PDI-P usai Ganjar ditetapkan sebagai calon RI-1 dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion