Connect with us

Transportasi

Jelang Angkutan Lebaran, 2 Kapal Diuji Petik di Wilayah Kerja KSOP Tanjung Balai Karimun

Published

on

Uji Petik Kapal

Karimun, Bindo.id – Sinergi dilaksanakan dalam mewujudkan keselamatan pelayaran di wilayah kerja KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Kepala KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun Jon Kenedi menyampaikan, uji petik dilakukan menjelang angkutan laut lebaran 2023.

Pelaksanaan uji petik kapal ini menurutnya sesuai dengan Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor IR-DJPL 1 Tahun 2023 tertanggal 8 Februari 2023 tentang Uji Kelaiklautan Kapal Penumpang Angkutan Lebaran Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 telah disebar dan mulai dijalankan.

“Uji petik kemarin (14/3/2023) ini melibatkan KSOP, Marine Inspector, hadir juga perwakilan Dishub, BPTD, ASDP, TNI-Polri dan instansi terkait,” ujar Jon,  dalam keterangannya, Rabu (15/3/2023).

Dalam kesempatan itu dilakukan uji petik kapal MV Dragon Ocean 2 dan KMP Tandemand di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Petugas memeriksa kelengkapan peralatan keselamatan pada kedua kapal, dokumen kapal, dan hal terkait lainnya.

Perwakilan KSOP Tg Balai Karimun yakni Kabid Status Hukum dan Sertifikasi Kapal Capt. Wahyu Prihanto dan dua marine inspector. Hadir juga perwakilan Dishub sebanyak enam orang, BPTD enam orang, ASDP tiga orang, dan TNI – POLRI, Stakholder serta Instansi juga Mitra terkait.

“Dari hasil uji petik tidak ada temuan mayor maupun minor dan kapal diputuskan laik laut,” ujar Jon.

Pihaknya akan terus melakukan uji kelaikan laut hingga angkutan Lebaran dimulai pada 17 April 2023. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Rakernis Korlantas, Kapolri: Wujudkan Mudik Aman hingga Optimalkan Pelayanan Publik