Connect with us

Destinasi

Menparekraf: ADWI 2023 Perkuat Konsistensi Bangun Desa Wisata

Published

on

foto:istimewa/kemenparekraft

Jakarta, Bindo.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang memberikan penghargaan kepada 75 desa wisata terbaik ADWI 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, ADWI 2023 yang diikuti sebanyak 4.573 desa wisata dari berbagai wilayah di Indonesia merupakan bentuk kolaborasi serta konsistensi yang kuat dari seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya dalam membangun desa wisata.

“Hari ini kita mengapresiasi pencapaian yang spektakuler. Sebanyak 4.537 desa wisata berlomba-lomba memberikan yang terbaik untuk kebangkitan ekonomi Indonesia,” ujar Sandiaga dalam sambutannya di acara malam puncak ADWI 2023 di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Ahad (28/8/2023) malam.

75 desa wisata terbaik mendapatkan anugerah untuk meningkatkan inovasi dalam membuka peluang usaha menuju pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, berbasis ekonomi hijau dalam mendorong penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024.

Menurutnya, malam puncak ADWI 2023 merupakan bagian dari catatan perjalanan panjang dalam mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.

ADWI pertama kali berlangsung pada 2021 ketika banyak pihak yang merasa ragu apakah program ini benar-benar tepat untuk dilakukan di tengah kondisi ekonomi dunia yang melemah akibat pandemi dan masyarakat benar-benar merasakan dampaknya.

“Tapi setelah tiga tahun saya tetap merasakan semangat yang sama. Konsistensi dalam membangun desa wisata yang sama besarnya baik dari pengelola desa wisata, kepala desa, pemerintah kabupaten/kota dan provinsi,” ujar Sandiaga.

ADWI dinilainya, bukan hanya sebagai program unggulan pemerintah dalam hal ini Kemenparekraf/Baparekraf, tapi sebagai perjalanan spiritual yang menggerakkan seluruh elemen masyarakat.

Baca Juga  Menparekraf: Terapkan Prosedur CHSE Saat Liburan Nataru

“Menyentuh sosok-sosok yang membuat kita terinspirasi, termotivasi bagi bangsa dan negara. Mendorong desa wisata kian mendunia, dari desa membangun Indonesia,” ujar Sandiaga.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo; Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani; Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis, Dessy Ruhati; Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Diah Martini Paham; Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Neil El Himam; Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua; serta Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion