Connect with us

Recommended

Mengenal ChatGPT, Apa Fungsinya dan Bagaimana Cara Kerjanya

Published

on

Ilustrasi dan Definisi Tentang Apa Itu ChatGPT OpenAI
Ilustrasi Tentang Artificial Intelligence (AI) dan ChatGPT dari OpenAI

Kelemahan dan Dampak Negatif ChatGPT

Sejak pertama kali rilis, kinerja dari program ini cukup memuaskan. ChatGPT hanya membutuhkan waktu dua bulan saja untuk menarik 100 juta pengguna dengan frekuensi pengguna harian mencapai belasan juta per hari.

Lalu apakah terdapat kelemahan dari program chatbot AI ini? Pastinya ada, hanya saja sejauh ini tidak banyak kelemahan-kelemahan fatal pada ChatGPT. Berikut ini adalah daftar beberapa kekurangan atau kelemahan yang sudah terlihat sejak awal rilis:

  • Basis data (Database) terbatas hanya sampai tahun 2021 saja, tapi masih cukup terupdate untuk banyak hal.
  • ChatGPT dilatih dengan data dari internet, yang pastinya memiliki bias dan informasi yang tidak akurat. Dampaknya adalah jawaban atau informasi yang dikeluarkan atas sebuah perintah / pertanyaan pengguna menjadi tidak tepat (salah).
  • Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, program chatbot AI ini dilatih menggunakan data internet, bukan berdasarkan pengalaman nyata. Jadi ChatGPT kadang masih kesulitan untuk membedakan dari antara sekian banyak hal di internet, mana yang merupakan sebuah fakta dan mana yang hanya sekedar opini.
  • Karena tidak memiliki emosi yang nyata, ChatGPT kadang masih kesulitan untuk memahami sebuah kalimat satir atau sarkas.

Untuk dampak negatif dari chatbot super pintar ini, sampai hari ini masih bersifat prediksi / perkiraan semata. Contohnya prediksi ChatGPT akan menggantikan manusia dan mengambil alih beberapa pekerjaan dari tangan manusia. Waduh pengangguran nambah dong kalau gitu.

Dampak negatif yang nyata dan harus kita hindari justru adalah terlalu mengandalkan kemampuan AI. Hal ini menyebabkan manusia menjadi kurang kritis dan terlalu mengandalkan AI sebagai penyedia solusi atas banyak hal.

Nah itu semua adalah informasi tentang program ChatGPT yang dapat penulis berikan untuk kalian. Untuk isu-isu tentang kecerdasan buatan yang berpotensi mengancam eksistensi manusia akan kita bahas pada artikel yang lain ya. Artikel ini hanya mengulas tentang apa itu ChatGPT, mulai dari deskripsi, fungsi, manfaat serta kekurangan dan bahayanya saja.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Rencana Terbit Bulan Depan, Kominfo Persiapkan Pedoman Etika AI

Halaman: 1 2 3

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *