Connect with us

Otomotif

Apa Itu Lelang Motor dan Bagaimana Cara Ikut Lelang Motor

Published

on

Apa itu lelang motor dan bagaimana cara mengikuti lelang motor di balai lelang BRI

Apa itu lelang motor dan bagaimana cara mengikuti lelang motor adalah informasi yang wajib diketahui oleh customer sebelum membeli kendaraan di balai lelang. Menurut info yang didapat dari situs dari info Lelang BRI membeli kendaraan roda dua dalam kondisi bekas di balai lelang tidaklah sama dengan di dealer. Di mana ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan cermat, salah satunya berapa harga pasarannya.

Jika dalam hal ini Anda hanya terpaku pada model atau tipenya saja tanpa mempertimbangkan harga, kemungkinan nantinya bisa mendapatkan biding jauh lebih mahal sehingga membuat Anda kesulitan untuk mengkalkulasi biaya lainnya setelah berhasil memenangkan lelang. Oleh karena itu pastikan sebelum mengikuti proses lelang motor Anda sudah mengetahui caranya. Lantas bagaimana cara ikut lelang motor itu, berikut ini beberapa Info Lelang BRI.

Apa itu Lelang Motor, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Sebelum melanjutkan pembahasan tentang bagaimana cara ikut lelang motor, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu pengertian dari apa itu lelang motor. Lelang motor sendiri merupakan kegiatan jual beli kendaraan roda dua yang dilakukan di balai dengan sistem memberikan penawaran harga terlebih dahulu kepada para pembeli. Nantinya konsumen yang menawar motor dengan harga tinggi maka dialah akan dinyatakan sebagai pemenang dalam proses lelang tersebut.

Meskipun kelihatannya cara ikut lelang motor itu sedikit rumit dikarenakan Anda perlu berhati-hati dalam menawarnya agar tidak mendapatkan harga mahal, namun peminat dari lelang kendaraan roda dua ini cukuplah banyak. Hal itu disebabkan menurut Info Lelang BRI, harga motor yang dijual di balai itu cenderung lebih terjangkau jika dibandingkan di dealer atau showroom.

Cara Ikut Lelang Motor Bekas di Balai yang Aman

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya apa itu lelang motor merupakan kegiatan jual beli kendaraan roda dua dengan sistem memberikan penawaran harga terlebih dahulu kepada para pembeli, kemudian konsumen yang menawar dengan harga tinggi maka dialah pemenangnya. Perlu diketahui bahwa cara mengikuti lelang motor itu bisa dilakukan dengan dua metode yakni on site (datang langsung ke balai) atau melalui online. Adapun cara ikut lelang motor on site berdasarkan Info Lelang BRI seperti berikut.

  • Pertama-tama peserta diminta untuk memilih terlebih dahulu jadwal lelang yang ingin diikuti.
  • Lalu lakukan pemesanan NIPL di balai secara langsung.
  • Setelah itu pastikan Anda mendatangi tempat lelang itu sesuai dengan waktu yang telah dipilih tadi.
  • Nantinya pemandu akan memberikan penawaran harga lelang motor secara lisan.
  • Jika dalam hal ini Anda setuju dengan harga yang ditawarkan pemandu bisa langsung mengangkat NIPL.
  • Peserta lelang yang menawar harga kendaraan roda dua itu dengan nilai tertinggi maka dialah pemenangnya.
  • Untuk dinyatakan sebagai pemenang lelang, peserta lelang dapat melakukan bidding dengan kelipatan 100 ribu.
  • Apabila pemandu telah mengetukkan palu maka pemenang lelang akan langsung diberikan surat konfirmasi untuk segera menandatangani dan NIPL diambil oleh petugas.
  • Terakhir pemenang lelang wajib segera melunasi seluruh total harga motor bekas itu paling lambat 3 hari sejak dinyatakan sebagai pemenang.

Cara Ikut Lelang Motor Bekas Via online

Tidak hanya di balai saja, lelang motor bekas itu juga bisa dilakukan secara online. Namun ketika Anda memilih ingin mengikutinya secara online , pastikan telah memahami secara benar apa itu lelang motor yang sudah dijelaskan di atas tadi. Pasalnya cara ikut lelang motor bekas via online ini tidaklah sama dengan on-site di mana dibutuhkan kehati-hatian agar bisa mendapatkan produk berkualitas unggul. Adapun Info Lelang BRI via online seperti berikut.

  • Tahap pertama silahkan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu kapan jadwal lelang akan diselenggarakan di situs website balai lelang yang Anda tuju.
  • Kemudian lakukan proses registrasi dengan cara login pada situs website balai lelang tersebut.
  • Berikutnya lakukan pembelian nomor peserta lelang melalui website.
  • Untuk melakukan proses penawaran harga Anda bisa menekan tombol tawar yang terdapat pada situs tersebut.
  • Jika dalam hal ini Anda dinyatakan sebagai pemenangnya bisa segera melakukan pelunasan kendaraan tersebut maksimal 3 hari setelah penyelenggaraan lelang dilakukan.
  • Terakhir untuk peserta yang dinyatakan kalah nanti uang jaminan dari proses pembelian NIPL akan segera dikembalikan oleh petugas.

5 Tips Mendapatkan Motor Bekas Berkualitas Unggul melalui Lelang

Selain memahami pengertian dari apa itu lelang motor, ketika ingin membeli kendaraan roda dua di balai Lelang Anda juga perlu memperhatikan beberapa tipsnya. Adapun beberapa tips dari Info Lelang BRI adalah seperti berikut.

  • Sebaiknya Anda perlu mengecek terlebih dahulu kondisi fisik dari motor yang ingin dibeli di balai lelang.
  • Lakukan pengecekan dokumen-dokumen penting dari motor tersebut mulai dari STNK , BPKB hingga nomor rangka mesin motor secara teliti.
  • Tentukan besaran anggaran untuk membeli motor di balai lelang.
  • Pastikan telah melakukan pengecekan ulang mengenai berapa harga pasaran dari motor yang diincar di balai lelang tersebut.
  • Carilah berbagai sumber informasi mengenai cara ikut lelang motor baik secara on site maupun online.

Berdasarkan ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa lelang motor adalah kegiatan jual beli kendaraan roda dua yang dilakukan di balai dengan cara pemandu akan memberikan penawaran harga terlebih dahulu kepada para peserta. Kemudian peserta yang menawar dengan harga tinggi maka dialah pemenangnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *