Connect with us

Recommended

Mengenal ChatGPT, Apa Fungsinya dan Bagaimana Cara Kerjanya

Published

on

Ilustrasi dan Definisi Tentang Apa Itu ChatGPT OpenAI
Ilustrasi Tentang Artificial Intelligence (AI) dan ChatGPT dari OpenAI

Apa itu ChatGPT? Pertanyaan ini adalah hal pertama yang muncul dalam pikiran siapapun saat pertama kali mendengar atau mengenal istilah satu ini.

ChatGPT baru-baru ini sempat menjadi topik populer alias trending topic dan mengundang rasa ingin tahu dari banyak kalangan. Beberapa pertanyaan yang umum terlontar adalah apa itu ChatGPT? Bagaimana cara kerjanya? Apa fungsinya? Apa manfaat dan kelebihannya? Apakah ada dampak negatifnya?

Penasaran? Kalau penasaran, langsung saja kita kupas tuntas yuk! Kupas tajam, setajam gilette!

Apa Itu ChatGPT?

ChatGPT adalah sebuah chatbot AI atau program chat dengan fitur artificial intelligence alias kecerdasan buatan untuk menyempurnakan percakapan antara manusia dengan mesin. Program ini dikembangkan oleh sebuah laboratorium penelitian kecerdasan buatan bernama OpenAI.

Program ini pertama kali rilis pada tanggal 30 November tahun 2022 dalam bentuk prototipe. Dalam waktu kurang dari empat bulan semenjak rilis perdana, versi stabilnya (stable version) rilis pada tanggal 14 Maret 2023.

ChatGPT sendiri adalah singkatan dari Chat Generative Pre-trained Transformer yang jika kita artikan ke bahasa Indonesia berarti Transformer Generatif Chat Terlatih. Program ini dibuat dengan menggunakan Large Language Models (LLM) GPT-3.5 untuk versi prototipe dan GPT-4 untuk versi stabil.

Bagaimana Cara Kerjanya?

LLM (Large Language Model) adalah jenis model pembelajaran mesin yang memiliki kemampuan untuk memproses dan memahami bahasa manusia. LLM didasarkan pada sejenis “jaringan saraf dalam” yang dilatih dengan sejumlah besar data teks untuk mempelajari pola dan aturan dalam bahasa alami sehingga mampu menghasilkan tanggapan seperti layaknya manusia.

GPT-3.5 adalah varian dari LLM itu sendiri dengan arsitektur yang efisien dan menggunakan kumpulan data teks yang sangat besar sehingga mampu menghasilkan teks berkualitas tinggi mendekati manusia asli. Sementara GPT-4 adalah versi yang paling baru dan memiliki lebih banyak parameter serta mampu melakukan tugas pemrosesan bahasa alami yang lebih canggih.

Baca Juga  6 Daftar Profesi yang Terancam Punah dengan Adanya ChatGPT

Jadi singkatnya, ChatGPT adalah program yang memungkinkan sebuah mesin dapat berdialog dengan manusia secara (mendekati) sempurna selayaknya dialog antara manusia dengan manusia.

Chatbot AI yang satu ini juga dapat dilatih untuk penguatan agar lebih sempurna lagi dengan cara belajar dan beradaptasi secara dinamis berdasarkan data yang baru. Sehingga seiring dengan perjalanan waktu, ChatGPT mampu menjawab pertanyaan lebih update.

Halaman Berikutnya: Apa Kegunaan ChatGPT?

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Halaman: 1 2 3

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *