Connect with us

Politik

Alasan Wisma Atlet Tak Boleh Dipakai Tempat Rekapitulasi Pemilu 2024

Published

on

Wisma atlet [merdeka]

Jakarta, Bindo.id – Kementerian Sektetariat Negara (Kemensetneg) tidak memberi izin soal usulan pemakaian Gedung Wisma Atlet digunakan untuk tempat rekapitulasi suara Pemilu 2024.

Wisma Atlet sebelumnya diajukan untuk lokasi rekapitulasi suara di wilayah Kemayoran.

“Betul (ditolak). Sudah ada balasan suratnya,” ujar Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU DKI Jakarta, Nelvia Gustina, Rabu (27/12/2023)

Nelvia menuturkan Kemensetneg menolak usulan itu sebab Wisma Atlet sedang proses renovasi. Alasan tersebut disampaikan oleh Kemensetneg lewat surat balasan kepada Pemda DKI.

“Disampaikan melalui surat balasan sedang renovasi,” terangnya.

KPU DKI sedang mencari alternatif lokasi rekapitulasi suara yang berlokasi di wilayah Kemayoran. KPU DKI juga berharap agar renovasi GOR Kemayoran bisa cepat diselesaikan sehingga dapat dipakai

“Aternatif kita masih mendorong percepatan renovasi GOR Kemayoran paling lambat awal Februari 2024. Bukan untuk gudang logistik ya, tapi untuk tempat rekapitulasi tingkat kecamatan,” tuturnya.

Sedangkan lokasi penerimaan awal logistik dapat memakai 2 lantai Kantor Kecamatan Kemayoran.

“Kalau untuk tempat penerimaan awal sudah kita sepakati di Kantor Kecamatan Kemayoran lantai 3 dan 4,” ujarnya.

Sekretaris Kemensetneg Setya Utama menerangkan gedung Wisma Atlet saat ini masih di kelola oleh Kementerian PUPR.

“Gedungnya masih dikelola PUPR,” ujar Setya Utama.

KPU DKI sebelumnya telah menanti kepastian tempat rekapitulasi suara serta gudang logistik Pemilu 2024 yang ada di wilayah Mampang Prapatan Jakarta Selatan maupun Kemayoran Jakarta Pusat.

KPU menuturkan Pemprov DKI Jakarta mempersiapkan alternatif opsi pada 2 lokasi, yaitu di Gedung Vokasi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) serta Wisma Atlet Kemayoran.

“Gedung Vokasi Kemnaker Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Ditjen Binalavotas) ini alternatif untuk Mampang,” ujar Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU DKI Jakarta, Nelvia Gustina dalam keterangan tertulis, Jumat (15/12/2023)

Baca Juga  Warga Bakar Kantor Distrik, Polda Papua Menanti Putusan KPU Paniai

Nelvia menyebutkan untuk wilayah Kemayoran masih diusahakan menggunakan Wisma Atlet Kemayoran.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion