Connect with us

Info Regional

Wakil Wali Kota Blitar Ajak Petani Pertahankan Tradisi Bedah Sumber

Published

on

Sumber : Pemko Blitar

Kota Blitar – Sebagai bentuk nguri-uri budaya Jawa, Wakil Wali Kota Blitar mengajak petani tetap menjaga tradisi bedah sumber. Seperti yang dilakukan kelompok tani (Poktan) barat makam Kelurahan Klampok, Kecamatan Sananwetan yang menggelar tradisi itu pada hari Rabu (17/01/2024).

Wakil Wali Kota Blitar, Tjtutjuk Sunario menjelaskan tradisi bedah sumber yang dilakukan Poktan barat makam Kelurahan Klampok, merupakan tradisi turun-temurun dalam menyambut musim tanam.

Kegiatan itu juga sebagai wujud syukur, karena hasil panen poktan melimpah. Sehingga upaya mempertahankan mata air di area pertanian pun tetap dilakukan. Tjutjuk menambahkan kegiatan bedah sumber diawali dengan kegiatan pembacaan doa, kenduri bersama serta menikmati hidangan hasil panen dari poktan di lingkungan Klampok.

“Ini menjadi bagian dari uri-uri budaya dan ungkapan syukur atas nikmat yang diberikan kepada para petani untuk menyambut tahun tanam 2024 agar lancar dan berjalan dengan baik,” terang Tjutjuk.

Pihaknya berharap melalui kegiatan bedah sumber ini, ke depan hasil panen poktan melimpah dan tanaman milik petani tumbuh subur.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Awal Tahun 2024, Pemkot Blitar Percantik Kawasan City Walk Makam Bung Karno