Connect with us

Transportasi

Menko PMK Imbau Pemudik Tak Berlama-lama di Rest Area Untuk Hindari Penumpukan

Published

on

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy [viva]
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy [viva]

Jakarta, Bindo.id – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memberikan imbauan supaya pemudik tak berlama-lama di rest area untuk menghindari terjadinya penumpukan.

Muhadjir mengatakan rest area bisa dipakai pemudik untuk melakukan pengisian bahan bakar, membeli bekal makanan, maupun ke toilet.

Pemudik yang merasa sangat lelah dan ingin istirahat lebih lama, Muhadjir memberikan saran supaya keluar melalui exit toll terdekat. Setelah exit toll terdekat, pemudik bisa istirahat di tempat khusus yang sudah disediakan oleh pihak kepolisian.

“Kalau memang betul-betul sudah sangat lelah, keluar di exit toll terdekat,” tuturnya, Rabu (19/4/2023).

Kaditlantas dan Kapolda telah menyediakan tempat agar dapat beristirahat lebih lama dan dapat tidur sejenak. Muhadjir menuturkan pemudik bisa meneruskan perjalanan lagi usai tak mengantuk lagi.

Dia memastikan pemudik tak akan terkena biaya lagi saat masuk ke jalan tol. Dirinya menyarankan agar pemudik istirahat dan tidur sejenak sehingga saat berkendara sudah fresh lagi.

“Ketika masuk tol lagi tidak dikenakan biaya,” ucap Muhadjir.

Dia mengimbau pemudik agar membawa pengemudi cadangan ketika melakukan perjalanan mudik. Tujuannya untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas ketika sedang mudik. Sebab mudik biasanya menempuh rute yang jauh. Manfaat membawa pengemudi cadangan, pemudik dapat bergantian menyetir saat salah satunya lelah.

“Semakin jauh, maka semakin tinggi potensi kecelakaannya,” ungkapnya.

Sebaiknya pengendara yang menempuh perjalanan jauh membawa driver reserve, cadangan, sehingga dapat bergantian saat di perjalanan. Pemudik diimbau agar jangan memaksakan diri saat keadaan lelah.

Muhadjir menuturkan pihaknya bersama dengan Polri, TNI, dan dinas terkait sudah berupaya penuh untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Muhadjir juga mengajak partisipasi dan kesadaran dari para pemudik agar tutur menjaga keselamatan masing-masing dan keselamatan pengendara lain saat berada di jalan.

Baca Juga  Mudik Gratis ke Jawa, 500 Bus Disiapkan Polda Metro Jaya

“Yang penting pesan saya selamat dulu, selamat itu nomor satu,” tuturnya.

Menurutnya jika sudah aman, selamat, baru yang lain. Kegembiraan, sukacita, bertemu dengan keluarga usai semuanya telah berjalan aman dan selamat.

Muhadjir sempat melakukan peninjauan di ruas tol Semarang-Batang bersama dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Selasa (18/4/2023). Muhadjir sempat memantau kepadatan lalu lintas yang terjadi di Gerbang Tol Kalikangkung di sela kunjungannya.

Dilansir dari kompas.com, jumlah kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Kalikangkung mengalami peningkatan hampir 300 persen atau sebanyak 30.000 kendaraan per jamnya. Angka itu melebihi jumlah normal kendaraan yang masuk tiap harinya, yaitu sebanyak 10.000 per jam.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion