Connect with us

Transportasi

Kerap Diguyur Hujan Jalur Lingkar Gentong Rawan Longsor

Published

on

Rawan longsor, jalur gentong, tasikmalaya

Tasikmalaya, Bindo.id – Jalur Lingkar Gentong yang menghubungkan Bandung ke Tasikmalaya rawan bencana tanah longsor. Hal ini lantaran kerap diguyur hujan.

Dua hari terakhir Jalur Lingkar Gentong selalu diguyur hujan pada sore hari dengan intensitas yang berbeda. Kondisi itu pun menjadi tantangan buat pemudik yang melintas karena jalanan licin.

Jalur Lingkar Gentong memiliki karakter menurun dan berkelok serta kemiringan tebing bervariasi di sekitar. Kondisi itu membuat kawasan tersebut menjadi rawan bencana tanah longsor.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP SY Zainal Abidin tidak menampik potensi terjadi bencana alam tetap ada di wilayahnya. Hal itu mengingat berbagai faktor yang ada saat ini.

“Terkait potensi bencana alam (longsor) mungkin terjadi di jalur utama dan Gentong,” kata SY Zainal Abidin, Senin (17/4/2023).

Dia mengatakan pihaknya pun berusaha bergerak cepat saat terjadi bencana alam. Oleh karena itu, di posko terpadu di Lingkar Gentong disiapkan berbagai alat yang dibutuhkan jika terjadi bencana.

“Kami menggelar posko terpadu dengan menyertakan pihak terkait seperti BNPB. Itu mengantisipasi kemudian disiapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan di sana,” jelasnya.

“Besar harapan kami tidak terjadi dan doa selama Operasi Ketupat Lodaya di seluruh wilayah hukum Polres Tasik aman, tertib, dan terhindar dari bencana,” tandasnya. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Pastikan Keselamatan di Jalur Mudik, Satlantas Polres Kulonprogo Survei Jalan