Connect with us

Transportasi

Mudik Gratis Lebaran 2023 Gunakan Kapal Laut dari Kemenhub

Published

on

Ilustrasi mudik menggunakan kapal laut [bisnis]
Ilustrasi mudik menggunakan kapal laut [bisnis]

Jakarta, Bindo.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan layanan mudik gratis Lebaran 2023 menggunakan kapal laut. Kuota mudik gratis yang disediakan sebanyak 5.000 penumpang dan 2.500 motor.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Hendri Ginting menuturkan kuota mudik gratis yang disediakan oleh kemenhub ini akan dibagi menjadi 2 keberangkatan. Tiap keberangkatan masing-masing kuotanya sebanyak 2.500 penumpang dan 1.250 motor.

Keberangkatan pertama yaitu tanggal 15 April 2023. Calon penumpang akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.  Keberangkatan kedua diadakan pada tanggal 17 April 2023. Pada keberangkatan kedua ini melalui rute yang sama dengan keberangkatan pertama.

Selain mudik, Kemenhub juga mengadakan layanan arus balik. Kuota yang disediakan untuk arus balik yaitu sebanyak 5.000 penumpang dan 2.500 motor. Arus balik dibagi menjadi dua keberangkatan yaitu dari Pelabuhan Tanjung Emas ke Pelabuhan Tanjung Priok.

“Arus baliknya Semarang-Jakarta, 25 dan 28 April,” tutur Hendri, Kamis (16/3) .

Pendaftaran mudik gratis melalui jalur laut dapat dilakukan secara online dan offline. Pendaftaran online diadakan tanggal 20 Maret 2023 sampai 5 April 2023. Verifikasi dilakukan paling lambat 2 hari setelah pendaftaran.

Apabila pendaftar yang tak melakukan verifikasi, maka nomor pendaftaran akan dibatalkan. Pendaftaran offline akan diselenggarakan pada tanggal 1 sampai 16 April 2023. Pendaftaran dapat dilaksanakan di Terminal Penumpang Tanjung Priok dan kantor pusat Kemenhub.

Syarat Pendaftaran Mudik Gratis

Hendri menuturkan syarat pendaftaran memakai kartu identitas, STNK asli, dan SIM asli.

Berikut ini persyaratan mudik gratis untuk motor :
1. Mempunyai STNK dan SIM yang sah
2. Kondisi motor masih layak jalan
3. Tak diperbolehkan memodifikasi atau aksesoris tambahan di kendaraan.
4. Harus memiliki penyangga atau standar tengah
5. Harus memiliki pegangan belakang
6. Ukuran roda dan ban standar atau berdasarkan spesifikasi pabrik
7. Tak diperbolehkan terdapat box samping dan belakang
8. Jumlah helm berdasarkan penumpang
9. Bensin motor ketika diangkut maksimal satu liter
10. Kunci motor dititipkan kepada petugas

Baca Juga  Dua Hari Setelah Natal, 224 Ribu Kendaraan Masuk Tol Arah Jakarta

Mudik Gratis Dengan Bus

Kemenhub juga mengadakan pendaftaran mudik gratis memakai bus. Kuota penumpang yang disediakan sebanyak 24.072. Kuota penumpang arus mudik sebanyak 18.528 dan kuota arus balik sebanyak 5.544 penumpang.

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Suharto menyebutkan pihaknya akan mempersiapkan 585 bus. Bus yang digunakan untuk arus mudik sebanyak 459 bus. Sedangkan bus untuk arus balik sebanyak 126 bus.

Berikut ini kota tujuan arus mudik : Sumatera, kota tujuannya yaitu Palembang dan Lampung. Jawa Barat, kota tujuannya yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon.

Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kota tujuannya ada 18 kota. Kedelapan belas kota tersebut yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, dan Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta.

Jawa Timur, kota tujuannya yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung.

Sedangkan arus balik disediakan 8 rute perjalanan. Berikut ini rute perjalanan arus balik yang disediakan kemenhub :

Cirebon-Jakarta, Madiun-Jakarta, Surabaya-Madiun, Semarang-Jakarta, Solo-Jakarta, Purwokerto-Cirebon, Wonogiri-Jakarta, dan Yogyakarta-Jakarta.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion