Connect with us

Transportasi

Kemenhub Gelar Training Operator Radio Umum Guna Keandalan SDM Telekomunikasi Pelayaran

Published

on

Telekomunikasi Pelayaran

Bogor, Bindo.id – Sebagai upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang telekomunikasi pelayaran (telkompel) yang memiliki kompetensi sesuai standar nasional maupun internasional, diperlukan pendidikan dan pelatihan salah satunya melalui Training Operator Radio Umum (ORU).

Direktur Kenavigasian Capt. Budi Mantoro menyampaikannya saat membuka Training ORU Direktorat Kenavigasian Tahun 2023 di Bina Sena Maritime Training Center, Ciawi Bogor, Jawa Barat, Senin (6/3/2023).

“Pelaksanaan Training ORU ini merupakan bentuk tanggung jawab Direktorat Kenavigasian dalam rangka melaksanakan fungsi pembinaan terhadap Distrik Navigasi di bidang pengembangan SDM yang selaras dengan tagline Pemerintah yaitu “SDM Unggul Indonesia Maju”,” tutur Capt. Budi.

Menurutnya, saat ini operator radio yang bertugas di VTS dan SROP bukan hanya terkait dengan public corespondence (korespondensi umum) tapi juga harus mampu menjadi pintu gerbang komunikasi saat terjadi kejadian atau musibah di laut (on scene communication).

“Dalam melaksanakan tugas dan fungsi mewujudkan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim, kita harus memiliki tanggungjawab moral yang harus dilakukan sebaik-baiknya sebagai on scene communication,” ujarnya.

Pihaknya berharap para peserta training yang telah mendapatkan sertifikat ORU ini nantinya ditempatkan di instalasi Telkompel, sehingga kebutuhan personel dapat terpenuhi.

“Ikutilah proses pembelajaran dengan sebaik-baiknya baik teori maupun praktik sehingga kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki dapat diimplementasikan dalam tugas sehari-hari di unit kerja masing-masing,” tutup Capt. Budi.

Training ini diikuti 30 orang peserta dari Direktorat Kenavigasian dan Distrik Navigasi seluruh Indonesia yang akan mengikuti pelatihan selama tiga minggu mulai 3 s.d. 22 Maret 2023. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Posko Angleb Terpadu Resmi Ditutup, Khusus Angkutan Laut, Pemantauan hingga 8 Mei