Connect with us

Kesehatan

8 Minuman Peluntur Lemak Usai Banyak Konsumsi Makanan Saat Lebaran

Published

on

8 minuman peluntur lemak [grid]

Jakarta, Bindo.id – Menu santapan Lebaran berlemak, tinggi gula maupun garam bisa menyebabkan naiknya berat badan. Supaya berat badan tak semakin naik, perlu mencari cara untuk melakukan pembakaran lemak perut, paha, maupun tubuhmu.

Tak perlu mengonsumsi obat-obatan pembakar lemak. Kamu cukup mengatur asupan yang masuk ke dalam tubuh dan jangan lupa berolahraga.

Hancurkan lemak-lemak yang menumpuk sebab terlalu banyak makan ketika Lebaran?

Berikut ini 8 minuman yang bisa hancurkan lemak di tubuh :

1. Air Putih

Air putih memiliki segudang manfaat, salah satunya dapat digunakan sebagai peluntur atau penghancur lemak.

Mungkin banyak orang yang tak percaya dengan hal ini. Meskipun air putih tak mempunyai kalori, namun kandungan H20 yang dipunyai ternyata bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

Para peneliti sudah menemukan jumlah kalori yang terbakar ketika seseorang diam bisa meningkat sampai 24 -30% dalam 10 menit usai meminum air putih.

Banyak minum air putih juga bisa membantu pekerjaan ginjal maupun hati supaya lebih ringan. Tetap terhidrasi juga untuk membantu mengontrol nafsu makan, sebab terkadang sejumlah orang menyalah artikan rasa haus atau hidrasi dengan lapar.

2. Teh Hijau

Teh hijau juga bisa digunakan sebagai minuman peluntur atau penghancur lemak. Teh hijau mempunyai 2 bahan utama pembakar lemak, yakni kafein dan antioksidan.

Secangkir teh hijau bisa mengandung sekitar 24 hingga 40 mg kafein.

Kafein sebagai stimulan yang dipercaya untuk menambah pengeluaran kalori serta meningkatkan kinerja selama melakukan olahraga.

Teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan kuat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG). Antioksidan ini bisa membantu untuk memecah lemak di dalam tubuh.

3. Air Lemon

Air lemon juga dipercaya bisa menjadi minuman peluntur atau penghancur lemak. Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut, namun dengan mencampurkan perasan lemon ke air yang akan diminum, itu akan membuatnya mempunyai sedikit rasa. Sehingga minuman itu tak akan jadi membosankan. S

Baca Juga  Sukses Angkutan Laut Lebaran 2024, KSOP Utama Tanjung Priok Gelar Penutupan Bersama Stakeholder di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok

Kandungan vitamin C pada lemon juga bisa membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, penyerapan zat besi, serta meminimalisir risiko kanker tertentu.

4. Teh Jahe

Teh jahe menjadi minuman peluntur atau penghancur lemak yang keempat.

Kekuatan dari jahe sebetulnya kurang efektif untuk menurunkan berat badan melalui pembakaran lemak.

Namun, jahe dianggap cukup efektif untuk menghilangkan gejala yang seringkali menghambat seseorang untuk kehilangan berat badan.

Misalnya, jahe mempunyai sifat antioksidan maupun antiinflamasi yang bisa membantu untuk mencegah kerusakan kardiovaskular dan pemicu stres lainnya sebab kelebihan berat badan.

Kandungan senyawa yang disebut gingerol, jahe mempunyai potensi untuk meningkatkan kadar gula darah serta mengurangi kolesterol “jahat”.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa minum air jahe sebelum makan bisa membantu untuk merasa lebih kenyang.

5. Air Adas

Adas juga dapat dipakai sebagai minuman peluntur atau penghancur lemak. Air adas bisa membantu untuk mengurangi gangguan pencernaan yang di sejumlah kasus dapat mempengaruhi kenaikan berat badan.

Sifat antibakteri pada biji adas akan membantu untuk menjaga usus agar tetap sehat serta memungkinkan tubuh lebih mudah untuk memproses makanan.

6. Cuka Apel

Cuka apel juga dipercaya bisa sebagai minuman peluntur atau penghancur lemak. Bahan utama pembakar lemak pada cuka apel berupa asam asetat.

Asam asetat juga bisa meningkatkan metabolisme, mengurangi kadar insulin, serta mengurangi nafsu makan.

Menurut penelitian yang dilakukan pada orang dengan diabetes tipe 1, cuka apel dapat memperlambat pengosongan makanan dari dalam perutmu. Menambahkan beberapa sendok ke cuka apel ke minumanmu dapat membantumu merasa kenyang lebih lama. Namun kamu perlu berhati-hati karena mengonsumsi minuman yang mengandung banyak asam dapat mengikis gigi dan memperparah mulas.

Baca Juga  KAI Daop 1 Jakarta Hadirkan 8 Kereta Api Tambahan Angkutan Mudik Lebaran 2024

7. Teh Hitam

Minuman peluntur atau penghancur lemak yang ketujuh adalah teh hitam. Sama seperti teh hijau, teh hitam mengandung kafein sekitar 47 mg. Kandungan tersebut dapat mempercepat metabolisme pada tubuh. Selain itu, teh hitam juga mengandung polifenol yang dapat berfungsi untuk mengurangi asupan kalori dalam tubuh, meningkatkan pemecahan lemak dan bakteri sehat dalam usus.

8. Jus Sayuran
Minuman peluntur atau penghancur lemak yang kesepuluh adalah jus sayuran. Jus buah mungkin memiliki kandungan gula yang tinggi, tetapi berbeda dengan jus sayuran. Jus sayuran segar adalah minuman rendah karbohidrat yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting untuk kesehatan. Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi banyak jus sayuran pada akhirnya akan meningkatkan jumlah konsumsi sayuran mereka dan mengurangi asupan karbohidrat. Tentu saja hal itu dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu sayuran juga mengandung banyak serat yang dapat mencegah rasa lapar.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion