Connect with us

Kesehatan

Begini Cara Efektif Memanfaatkan Jeruk Nipis Untuk Bantu Program Diet

Published

on

Kesehatan Cara Diet dengan jeruk nipis Bindo-5d563541

Kesehatan, Bindo.id – Ada banyak cara untuk membantu program diet yang sedang Anda jalankan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan bahan alami yang mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau.

Selain itu, buah dengan rasa kecut ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat mempercepat proses metabolisme dan pembakaran lemak tubuh. Hal inilah yang kemudian akan membantu menurunkan berat badan secara alami.

Jika Anda tertarik mencobanya, maka simak cara diet alami dengan jeruk nipis berikut ini. Ada info nutrisi hingga cara mengolahnya sehingga konsumsi jeruk nipis untuk bantu program diet dapat lebih efektif. 

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Untuk melihat kandungan pada jeruk nipis, mari lihat dulu data nutrisi dari United States Department of Agriculture (USDA). Melansir dari laman Healthline, sari dari satu buah jeruk nipis seberat 44 gram mengandung:

  • 11 kalori
  • 3,7 gram karbohidrat
  • 0,74 gram gula
  • 0,1 gram serat
  • 0,13 gram protein

Jeruk nipis juga menjadi sumber baik untuk memperoleh potasium, magnesium, dan kalsium. Selain itu, jeruk nipis kaya dengan kandungan vitamin C.

Satu buah jeruk nipis berdiameter 2 inci mampu menyumbang 32% kebutuhan vitamin C harian seseorang. Jika Anda mengolah jeruk nipis menjadi jus, maka satu jus jeruk nipis tersebut akan menyumbangkan sekitar 22% vitamin C dari jumlah kebutuhan harian tubuh. 

Dengan kandungan nutrisinya tersebut, jeruk nipis menjadi antioksidan yang sangat baik. Jeruk nipis dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan paparan bahan kimia yang merusak tubuh.

Jeruk nipis juga memiliki kandungan asam sitrat yang membantu menjaga berat badan. Asam sitrat dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh. Dengan berjalannya proses metabolisme secara baik, maka kalori yang terbakar lebih banyak dan tubuh menyimpan lebih sedikit lemak.

Inilah mengapa banyak orang tertarik menggunakan jeruk nipis untuk membantu program dietnya. Apalagi, kalau Anda sedang fokus dalam program diet rendah kalori untuk menurunkan berat badan.

Cara Memanfaatkan Jeruk Nipis yang Efektif Untuk Bantu Program Diet

Lantas, bagaimana cara diet alami dengan jeruk nipis yang ampuh dan efektif? Tentu saja dengan memerhatikan cara mengonsumsinya.

Hindari membuat air jeruk nipis yang diberi tambahan pemanis buatan atau gula pasir. Tambahan kedua bahan tersebut justru dapat meningkatkan asupan kalori. Untuk hasil terbaik, ada empat cara pemanfaatan jeruk nipis yang efektif untuk membantu program diet rendah kalori.

Pertama, Anda dapat meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat pada pagi hari saat perut kosong. Ini akan membantu merangsang aktifnya metabolisme tubuh sehingga lemak menjadi cepat terbakar.

Cara kedua, Anda juga dapat meminum perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat tiap 30 menit sebelum makan. Tujuannya untuk merangsang metabolisme sehingga tubuh mencerna makanan lebih cepat. 

Ketiga, Anda dapat membuat infused water dan meminumnya saat beraktivitas. Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, infused water akan mempertahankan metabolisme tubuh tetap aktif membakar lemak.  

Khusus untuk yang tahan dengan rasa kecut, maka Anda dapat mencoba cara keempat. Potong dan isap jeruk nipis secara langsung 30 menit sebelum makan. Cara ini mirip seperti saat Anda memakan jeruk biasa pada umumnya.

Tips Penting Terkait Penggunaan Jeruk Nipis Untuk Bantu Program Diet Alami

Walaupun jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi yang baik, tetapi sifat asam pada jeruk nipis dapat menimbulkan efek samping. Bagi penderita sakit maag, rasa asam ini tentu akan memicu munculnya rasa perih di lambung akibat naiknya asam lambung.

Terutama jika Anda mengonsumsinya pada saat perut kosong atau sebelum makan. Sebaiknya bagi penderita sakit maag, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

Selain itu, untuk hasil yang lebih baik, perkuat juga program diet Anda dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi. Pasalnya, cara diet alami dengan jeruk nipis akan memberikan hasil yang lebih baik jika Anda mengimbanginya dengan pola hidup sehat. Bagaimana? Mulai tertarik mencobanya di rumah?

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *