Connect with us

Kesehatan

Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini Jika Tak Ingin Gagal Diet

Published

on

makanan yang harus dihindari saat diet
Ilustrasi | Foto: pexels.com/total shape

Kesehatan, Bindo.id – Apakah Anda sedang menjalankan program diet, tetapi rasanya berat badan tetap susah turun? Coba cek makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Barangkali ada beberapa makanan dengan serat rendah maupun tinggi kandungan gula dan lemak yang masih Anda konsumsi. Melansir dari Healthline, asupan makanan yang tepat selama menjalankan program diet akan memengaruhi hormon dan menekan rasa lapar. Namun sebaliknya, jika Anda salah mengonsumsi makanan, maka berat badan pun akan sulit turun. Nah, apa saja makanan yang sebaiknya dihindari saat diet? Berikut daftarnya.

Foto: pexels.com/pixabay

1. Permen

Bagi beberapa orang, permen menjadi alternatif untuk dikonsumsi saat sedang merasa bosan atau mengantuk. Ada juga yang mengonsumsinya karena sekadar ingin merasakan sesuatu yang manis di lidahnya. Padahal, si mungil manis ini mengandung gula tambahan yang bisa memengaruhi kondisi berat badan. Apalagi jika dikonsumsi terlalu sering dalam jumlah yang berlebihan. Jika Anda sedang program diet, sebaiknya hindari mengonsumsi permen, terutama yang kadar gulanya sangat tinggi. Anda bisa menggantinya dengan buah-buahan segar atau cokelat hitam yang kaya antioksidan.

2. Kentang Goreng

Sebenarnya kentang adalah makanan yang bagus untuk diet. Namun, jika diolah menjadi kentang goreng, maka manfaatnya justru berkurang. Kentang goreng mengandung kalori dan minyak yang tinggi sehingga kurang baik untuk kesehatan. Terlebih jika kentang goreng dikonsumsi dengan bumbu bubuk tambahan yang tinggi kandungan garamnya. Untuk program diet yang efektif, sebaiknya kentang diolah dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang untuk menjaga nutrisinya.

3. Sereal Manis

Sereal manis menjadi menu sarapan paling praktis, terutama bagi Anda yang sibuk dan jadwal kerjanya padat. Namun, jika sedang diet, sebaiknya tidak mengonsumsi sereal manis ini. Sereal manis mengandung kadar gula buatan yang tinggi sehingga cenderung menghambat turunnya berat badan. Akan lebih baik untuk menggantinya dengan oatmeal yang ditambah dengan taburan kacang sebagai menu sarapan.

Baca Juga  Terlihat Sederhana, 7 Kebiasaan Ini Ternyata Malah Bikin Berat Badan Makin Naik

4. Es Krim

Kandungan krim dan gula yang ada pada es krim membuat berat badan sulit turun. Kalorinya cukup tinggi sehingga kurang baik untuk program diet. Apalagi jika Anda mengonsumsi es krim dalam jumlah yang berlebihan sehingga melebihi batas asupan kalori harian. Jika tetap ingin mengonsumsinya, maka sebaiknya es krim hasil olahan sendiri. Anda bisa membuat es krim dengan bahan-bahan dari buah segar alami dan campuran yogurt.

5. Roti Putih

Makanan yang sebaiknya dihindari saat diet adalah roti putih. Makanan yang satu ini memang sering menjadi alternatif menu sarapan yang praktis. Namun, kandungan seratnya tidak terlalu tinggi sehingga Anda akan lebih cepat merasa lapar. Mengutip dari berbagai sumber, beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan serat berpengaruh pada penurunan berat badan. Alternatif yang lebih baik jika Anda mengganti roti putih dengan roti gandum yang tinggi serat. Anda juga bisa mencoba rekomendasi pilihan menu sarapan untuk diet lainnya di sini.

6. Biskuit

Camilan seperti biskuit menjadi makanan yang sebaiknya dihindari saat diet. Ketika Anda mengonsumsi biskuit dalam jumlah berlebihan, maka berat badan akan sulit turun. Apalagi jika biskuit tersebut adalah biskuit manis dan menggunakan tambahan krim. Biskuit tidak memberikan efek kenyang, serta kandungan gulanya pun tinggi.

Itulah 6 makanan yang sebaiknya dihindari saat diet. Adakah yang masih Anda konsumsi salah satunya? Jika iya, maka mulai kurangi, ya. Keenam makanan tersebut mungkin terlihat sepele karena tergolong makanan praktis atau camilan sederhana. Namun, kandungan gula dan seratnya ternyata mampu membuat Anda gagal diet! Untuk diet yang lebih efektif cobalah untuk memperbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, cokelat hitam, kacang-kacangan, serta gandum utuh. Begitu juga dengan asupan air putih yang cukup setiap harinya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  7 Rekomendasi Menu Sarapan untuk Diet Sehat dan Praktis
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *