Connect with us

Kesehatan

Terlihat Sederhana, 7 Kebiasaan Ini Ternyata Malah Bikin Berat Badan Makin Naik

Published

on

Kebiasaan Memicu Naiknya Berat Badan - Canva

Kesehatan, Bindo.id – Apakah Anda merasa masih sulit menurunkan berat badan walaupun sudah mengonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga? Jika iya, maka coba cek kebiasaan sehari-hari.

Barangkali, tanpa Anda sadari, ada kebiasaan tertentu yang justru membuat berat badan semakin naik. Apa sajakah itu? Berikut ini beberapa kebiasaan yang nampaknya sepele, tapi ternyata dapat memicu naiknya berat badan.

1. Kurang Minum Air Putih

Beberapa studi mengungkapkan bahwa ketika tubuh kekurangan cairan, maka akan memunculkan rasa haus. Sinyal rasa haus ini terkadang disalahartikan sebagai tanda lapar oleh tubuh.

Itulah sebabnya, beberapa orang menjadi lebih banyak makan saat dirinya kekurangan asupan air.

Dalam Medical News Today juga disebutkan bahwa air putih berperan penting dalam proses pembakaran lemak dalam tubuh. Proses ini tidak dapat berjalan optimal ketika tubuh kekurangan cairan.

Mulailah membiasakan diri untuk minum air putih yang cukup setiap harinya, terutama saat pagi hari. Minum air putih di pagi hari sangat membantu meningkatkan produktivitas harian.

Selain itu, cukup asupan air akan membantu melancarkan pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama.  

2. Tidak Fokus Saat Makan

Apakah Anda suka menonton televisi atau bermain gadget saat sedang makan? Nah, sebaiknya mulai hindari kebiasaan ini, ya.

Menurut para ahli, kebiasaan menonton atau bermain gadget saat makan dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Fokus akan terbagi sehingga Anda tidak dapat sepenuhnya menikmati makanan. Anda pun cenderung makan dengan porsi yang berlebihan.

Jika tidak segera diatasi, maka lama kelamaan Anda akan terbiasa makan dalam porsi yang besar. Inilah yang kemudian dapat membuat berat badan terus meningkat.

3. Makan dengan Ritme yang Terlalu Cepat

Melansir dari Healthline, sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang makan dengan terburu-buru cenderung mengalami kenaikan berat badan. Pasalnya, tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

Ketika Anda makan dengan cepat, maka tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk memproses makanan yang masuk. Akhirnya, tubuh terlambat memberi sinyal rasa kenyang ke otak.

Baca Juga  Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini Jika Tak Ingin Gagal Diet

Itulah sebabnya Anda akan cenderung makan lebih banyak dan tanpa disadari membuat berat badan semakin naik.

4. Kurang Tidur

Kualitas tidur berpengaruh saat Anda ingin menjaga berat badan ideal. Melansir dari sleepfoundation.org, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memengaruhi preferensi seseorang dalam memilih makanan. Seseorang yang kurang tidur cenderung memilih makanan tinggi karbohidrat dan tinggi kalori.

Selain itu, kurang tidur membuat berkurangnya energi untuk melakukan olahraga dan aktivitas fisik lainnya. Padahal, olahraga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan, termasuk stabilnya berat badan.

5. Duduk Terlalu Lama

Terkadang, tuntutan pekerjaan atau aktivitas lainnya membuat Anda lebih banyak duduk diam hingga berjam-jam. Padahal, kebiasaan duduk terlalu lama ini dapat meningkatkan resiko obesitas.

Ketika duduk, maka otomatis tubuh tidak melakukan banyak pergerakan. Hal inilah yang kemudian membuat tubuh tidak dapat membakar kalori secara maksimal. Kalori yang seharusnya dibakar menjadi energi tersebut akhirnya malah menumpuk menjadi lemak berlebih di tubuh.  

6. Tidak Memiliki Jadwal Makan yang Teratur

Ketika Anda tidak memiliki jadwal makan yang teratur, maka jadwal biologis menjadi terganggu. Padahal, jadwal biologis ini sangat berperan dalam proses metabolisme, proses di sistem pencernaan, hingga menjaga nafsu makan.

Jadwal makan yang tidak teratur cenderung membuat Anda lebih sering merasa lapar dan susah kenyang. Ketika ini terjadi, maka Anda akan lebih sering makan dalam porsi yang besar hingga memicu naiknya berat badan.

7. Makan dengan Piring Berukuran Besar

Masalah ukuran piring memang terlihat sepele, tapi ternyata dapat memengaruhi naiknya berat badan. Ketika menggunakan piring berukuran besar, maka secara tidak sadar Anda akan mengambil makanan dalam porsi yang banyak.

Baca Juga  Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini Jika Tak Ingin Gagal Diet

Jika dilihat sekilas, mungkin porsinya terlihat biasa saja karena berada di piring yang besar. Padahal, sebenarnya bisa saja porsi tersebut justru cukup besar untuk Anda.  

Itulah 7 kebiasaan yang ternyata tanpa disadari dapat membuat berat badan semakin naik. Apakah di antaranya ada kebiasaan yang masih sering Anda lakukan? Sebaiknya, mulai kurangi kebiasaan-kebiasaan tersebut dan atur pola hidup yang lebih baik lagi.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *