Connect with us

Kesehatan

7 Rekomendasi Menu Sarapan untuk Diet Sehat dan Praktis

Published

on

Ilustrasi rekomendasi menu sarapan untuk diet. Sumber foto: Pexels/Jane Doan
Ilustrasi rekomendasi menu sarapan untuk diet. Sumber foto: Pexels/Jane Doan

Rekomendasi menu sarapan untuk diet merupakan salah satu topik yang banyak dicari orang. Terutama kaum perempuan yang mengincar bentuk tubuh ideal.

Memiliki tubuh langsing dan proposional selain dapat memancarkan aura kecantikan juga meminimalisir terserang penyakit. Seperti obesitas, tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, diabetes melitus, asam urat atau gout dan lain sebagainya.

Dikutip dari buku Asam Urat karya Dr.dr.Joewono Soeroso, Sp.PD-KR, M.Sc. dan Hafid Algristian, S.Ked. (2011:74). Ada beberapa sebab kenapa berat badan dapat mempengaruhi gout. Salah satunya, semakin berat beban seseorang maka beban tubuh juga semakin berat.

Hal tersebut kemudian memicu terjadinya luka-luka kecil pada struktur persendian dan menarik sel-sel kekebalan sehingga sendi mudah menjadi radang. Sementara dalam ruang antar sendi terlalu banyak berisi benda asing, yaitu asam urat. Dengan begitu sel-sel radang akan menjadi lebih agresif dalam bertindak. Oleh sebab itu perlu adanya antisipasi dini untuk menerapkan hidup sehat.

Daftar Menu Makan Diet untuk Sarapan

Selektif dalam memilih makanan merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan ketika ingin diet. Bukan hanya sekedar porsinya saja yang dikurangi. Melainkan, perlu kejelian dan kedetailan dalam menganalisis kandungan nutrisi di dalam makanan.

Supaya tidak terlalu repot mencari menu makan diet, berikut rangkuman beberapa daftar rekomendasi menu sarapan untuk diet. Selain sehat, juga lezat dan praktis.

Oatmeal

Menu makan diet sehat pertama yaitu oatmeal. Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari biji oat yang mengandung beragam nutrisi. Seperti; protein, karbohidrat, lemak, zat besi, magnesium, asam folat, mangan, dan serat.

Selain memiliki kandungan nutrisi yang kompleks oatmeal juga mengandung beta glucan. Yang mana kandungan ini berkhasiat untuk meningkatkan produksi hormon yang membuat tubuh merasa kenyang. Sehingga nafsu makan dapat terkontrol.

Baca Juga  Hindari Enam Makanan Ini Saat Sedang Menjalankan Diet

Telur Rebus

Telur rebus adalah salah satu menu yang sering direkomendasikan oleh orang yang ingin diet. Selain praktis, telur rebus juga terbukti ampuh untuk mengontrol nafsu makan.

Kandungan yang ada di dalam telur rebus diantaranya; vitamin B12, fosfor, selenium, kolin, antioksidan, memiliki protein yang tinggi, lemak baik, dan kandungan lain yang selaras untuk digunakan sebagai menu sarapan diet.

Yoghurt

Yoghurt adalah produk yang terbuat dari olahan susu dengan beragam nutrisi yang berfungsi sebagai alternatif diet. Salah satu alasan kenapa yoghurt sering dijadikan menu diet adalah praktis dan efektif. Selain itu, kandungan nutrisinya pun tidak kalah kompleks dari menu makan diet yang telah disebutkan di atas.

Kandungan nutrisi yoghurt, diantaranya; protein, kalsium, probiotik, dan lain sebagainya. Yang mana kandungan-kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi hormon anti lapar.

Roti Gandum dan Selai kacang

Selain enak dan lezat roti gandum yang dipadupadankan dengan selai kacang dapat membuat perut kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam roti gandum diantaranya; karbohidrat, lemak, vitamin B, zat besi, kalium, folat, niasin, serat, dan riboflavin.

Dari sejumlah penelitian tentang kesehatan yang beredar di media sosial, mengkonsumsi roti gandum dapat membuat tubuh menjadi ideal. Hal ini justru bertolak belakang dengan roti putih yang dapat menyebabkan peningkatan berat tubuh.

Biji Chia

Biji yang memiliki bentuk tubuh mungil ini sangat cocok ketika dipadupadankan dengan oatmeal, smoothie, sereal, ataupun yoghurt. Serat yang ada di dalam biji chia berkasiat sebagai penyerap air dan membentuk gel di dalam saluran pencernaan. Sehingga tubuh akan mudah merasakan kenyang.

Kandungan nutrisi yang tidak kalah menarik dari biji chia adalah proteinnya. Protein biji chia dipercaya dapat mengurangi nafsu makan dan memperlambat pengosongan lambung.

Baca Juga  Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini Jika Tak Ingin Gagal Diet

Bahkan beberapa penelitian, seperti yang dilakukan oleh Jurnal Nutricon Hospitalaria menjelaskan bahwa biji chia terbukti berkasiat dalam mengurangi lingkar pinggang dan berat badan.

Jamur

Daftar menu makan diet yang tidak kalah legendaris di dunia pelaku diet adalah jamur. Banyak olahan-olahan makanan sehat dan lezat dibuat dari bahan dasar jamur. Seperti; sup jamur, roti panggang tumis jamur, omelet jamur, dan lain sebagainya.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam jamur tidak kalah komplek daripada menu makan diet lainnya. Diantaranya; tinggi serta, B kompleks, zat besi, dan lain sebagainya.

Supaya rencana diet bisa berjalan optimal, minimalisirlah penggunaan minyak ketika memasak. Bukan berarti tidak menggunakan ya.

Buah-Buahan

Menu makan diet yang paling praktis dan efektif yang terakhir adalah dari klan buah-buahan. Beragam vitamin, mineral, serat, dan nutrisi-nutrisi sehat lainnya di dalam buah mampu meningkatkan rasa kenyang lebih lama pada perut.

Buahan-buahan yang cocok digunakan sebagai menu sarapan untuk diet, diantaranya; alpukat, pisang, pepaya, apel, kiwi, blueberry, dan melon.

Itulah rekomendasi menu makan diet sehat dan praktis yang bisa digunakan sebagai referensi diet.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *